Advertisement

4 Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 16 Januari 2023 - 23:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Air bekas cucian beras punya manfaat untuk kulit wajah. Padahal selama ini, air beras ini dianggap kotor dan hanya dibuang.

Air bekas cucian beras bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakannya untuk cuci muka. Beberapa orang ada yang menambahkan bahan lain untuk membuat kulit tidak hanya cerah tetapi lembut. 

Advertisement

Dilansir dari alodokter, air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Jadi, tidak mengherankan bila air beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik.

Berikut ini adalah beragam manfaat air beras untuk wajah yang perlu Anda ketahui:

1. Mencerahkan kulit

Mencuci wajah menggunakan air beras diketahui mampu mencerahkan kulit. Hal ini karena kandungan gamma-oyzanol pada air beras dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

2. Menghilangkan bintik hitam

Selain mencerahkan kulit, air beras juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Kandungan vitamin E dalam air beras diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit, meski efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Mencegah penuaan dini

Mencuci wajah menggunakan air beras diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin E dalam air beras diketahui mampu menghambat proses penuaan dini.

4. Mengatasi jerawat

Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, pati dalam air beras ini juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik. Meski begitu, efektivitasnya masih belum jelas dan masih dibutuhkan penelitian untuk memastikan manfaat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Menyebut Ketinggian Tsunami Akibat Erupsi Gunung Ruang Diprediksi hingga 25 Meter

News
| Kamis, 18 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement