Advertisement

Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak Si Doel Meninggal Dunia

Newswire
Kamis, 22 Desember 2022 - 00:27 WIB
Jumali
Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak Si Doel Meninggal Dunia Aminah Cendrakasih dalam keadaan sakit masih semangat membintagi Si Doel The Movie / Instagram si.rano

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Aktris senior Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan dikabarkan meninggal dunia di usia 84 tahun pada Rabu (21/12/2022) pukul 20.00 WIB.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Alasan Rano Karno Libatkan Aminah Cendrakasih yang Terbaring Sakit di Si Doel The Movie

Kabar duka tersebut dibagikan oleh akun Instagram resmi Si Doel Anak Sekolahan, @sidoelanaksekolahan, pada Rabu (21/12/2022). “Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih) pukul 20.00. Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin YRA (alfatihah),” tulis akun tersebut seperti dikutip dari Antara.

Aktor Rano Karno pemeran Si Doel juga turut menyampaikan kabar duka tersebut di akun Instagram pribadinya. “Innalilahiwainalilahirojiun, Mak Nyak ibunda kami tercinta,” demikian tulis pemain si Doel dalam Si Doel Anak Sekolahan itu.

Unggahan kabar duka Aminah Cendrakasih meninggal dunia tersebut kemudian dibanjiri ucapan duka cita dari warganet termasuk sejumlah selebritas termasuk Marsha Timothy, David Nurbianto, hingga pesulap Pak Tarno. “Turut berduka cita sedalam-dalamnya,” tulis Marsha di kolom komentar.

“Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun, Smoga Mak Nyak Husnul Khotimah,trimakasih atas tawa bahagia yg dihadirkan lewat karya sedari kami kecil, Al Fatihah,” tulis Ayu Dewi di Instagram @sidoelanaksekolahan.

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang pada 29 Januari 1938. Namanya mulai dikenal di dunia hiburan Tanah Air setelah dia membintangi film Serampang 12 pada 1956. Sepanjang kariernya, dia sukses mendapatkan sejumlah penghargaan termasuk Piala Maya untuk kategori Penampilan Singkat nan Berkesan berkat perannya di Si Doel the Movie pada 2019.

Sebelumnya pada 2020 lalu, Maudy Koesnaedi mengaku terharu dapat kembali berakting sebagai Zaenab bersama artis senior pemeran Mak Nyak Aminah Cendrakasih dalam film Akhir Kisah Cinta Si Doel. “Rasanya sudah ingin nahan nangis [kalau diingat-ingat lagi]. Sangat mengharukan. Nyak itu ya, gesturnya terbatas, pandangan matanya bahkan enggak lihat ke aku, tapi emosinya dapet banget,” ujar Maudy saat ditemui di Jakarta, dikutip dari Antara.

Saat syuting film tersebut, Mak Nyak telah sakit. Dia hanya bisa berbaring di tempat tidur lantaran menderita lumpuh dan buta selama kurang lebih 10 tahun. Meskipun fisiknya tidak seprima dulu, Maudy mengatakan bahwa semangat Mak Nyak masih sama dan menggugah hati dan emosinya saat harus beradu akting bersama.

“Nyak secara fisik memang lelah, capek, dan butuh waktu buat menghapal dialog, bahkan ketika lagi enggak take [adegan] juga masih semangat menghapal,” ujar None DKI Jakarta 1993 itu.

“Dibantu dengan editing, angle, rasanya Nyak itu kayak enggak terbatas, malah emang keliatannya lagi akting gitu [sakit] dengan pembawaan seperti itu. Aku bersyukur banget di film ini Nyak masih semangat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement