Advertisement

Mesin ATM Ini Cocok Bagi Orang yang Suka Pamer Kekayaan, Mau Coba?

Lajeng Padmaratri
Selasa, 06 Desember 2022 - 07:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Mesin ATM Ini Cocok Bagi Orang yang Suka Pamer Kekayaan, Mau Coba? ATM Leaderboard di New York yang bisa menampilkan saldo kas pengguna dan mendaftarnya dalam papan grafik mulai dari skor tinggi hingga rendah. / Facebook

Advertisement

Harianjogja.com, NEW YORK—Jika Anda adalah tipe orang yang suka memamerkan kekayaannya, pergilah ke Art Basel Miami Beach. Di sana, ada sebuah mesin ATM yang dapat menampilkan saldo rekening Anda yang dapat dilihat semua orang.

Melansir Oddity Central, mesin ATM yang dinamai ATM Leaderboard itu memang didesain untuk menampilkan saldo kas pengguna dan mendaftarnya dalam papan grafik mulai dari skor tinggi hingga rendah. Mesin itu dikembangkan oleh MSCHF, kolektif seni yang berbasis di New York yang bekerja sama dengan Perrotin Gallery.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Proyek artistik itu terinspirasi oleh tren memamerkan kekayaan dari influencer masa kini yang sering menggunakan kekayaan mereka untuk ketenaran serta mencari pengikut media sosial.

Bahkan, penempatan mesin ATM itu pun tidak sembarangan. Salah satu pendiri MSCHF, Daniel Greenberg menuturkan bahwa mesin itu sengaja ditempatkan di lokasi seperti Miami Basel, tempat di mana terdapat banyak orang yang menyewa Lamborghini dan mengenakan Rolex.

Untuk membuat perangkat yang unik, MSCHF menggunakan mesin ATM fungsional dan melengkapinya dengan papan peringkat digital dan kamera. Ketika seseorang memasukkan kartu debit mereka dan menginput kode pin mereka, kamera mengambil gambar saat saldo akun berkedip di layar. Bersamaan dengan itu, mesin menampilkan animasi khusus untuk rekening dengan saldo rendah dan animasi lainnya untuk saldo yang mengesankan. Misalnya, salah satu jurnalis ARTnews mengklaim bahwa dia mendapatkan animasi toilet berisi uang yang muncul dengan huruf biru besar bertuliskan 'SAYA!'.

Mereka yang cukup berani untuk menggunakan ATM Leaderboard di Art Basel Miami Beach harus tahu bahwa wajah dan saldo akun mereka akan tetap tersimpan dalam memori mesin itu. Pasalnya, hal itu akan ditampilkan lagi di pameran seni lainnya di masa mendatang.

Sejauh ini, saldo tertinggi pengguna ATM Leaderboard itu adalah pria berjanggut dengan kaus merah muda yang memiliki saldo rekening bank lebih dari USD2,9 juta atau setara dengan Rp44,8 miliar.

Namun, seniman di MSCHF menganggap bahwa karya seni itu belum begitu populer di masyarakat umum. “Kami pikir, orang-orang akan sangat mencolok, ingin pamer, tapi itu belum sepenuhnya terjadi,” kata petugas kreatif MSCHF Kevin Weisner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keluarga Mahasiswa UI Korban Kecelakaan Laporkan Polres Jaksel ke Ombudsman

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement