Advertisement

Agar Anak Konsumsi Makanan Sehat, Berikut Tips Membawakan Bekal ke Sekolah 

Lajeng Padmaratri
Selasa, 25 Oktober 2022 - 07:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Agar Anak Konsumsi Makanan Sehat, Berikut Tips Membawakan Bekal ke Sekolah 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Membawakan bekal untuk anak ke sekolah akhir-akhir ini menjadi kegiatan yang menyenangkan setelah para ibu mengunggah hasil kreasi bekal mereka ke media sosial.

Orang tua kerap khawatir terhadap jajanan yang dibeli anak di sekolah. Sebagai langkah antisipasinya, anak bisa dibawakan bekal makanan agar terhindar dari penyakit.

Advertisement

Dulu, bekal makanan untuk anak sekolah identik dengan mi atau nasi goreng. Lain halnya dengan bekal di era saat ini yang bervariasi dan menggugah selera.

Berbagai kreasi bento dengan wadah makanan berwarna-warni beserta aksesorinya menambah semarak tren membawakan bekal untuk anak sekolah.

Kendati demikian, membawakan bekal untuk anak bukan semata-mata tentang kuantitas atau penampilannya saja, melainkan juga kecukupan nutrisinya.

Berikut tips memberikan bekal untuk anak di sekolah yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Penuhi bekal dengan gizi seimbang

Bekal sekolah anak yang baik bukan hanya yang tampilannya menarik, melainkan juga yang gizinya seimbang. Artinya, bekal perlu terdiri dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein.

Makanan bergizi seimbang sangat penting karena anak sedang dalam masa pertumbuhan dan aktivitas di sekolah membuatnya rentan terkena penyakit.

2. Pilih buah dan sayuram segar

Buah dan sayur kaya akan nutrisi karena mengandung banyak vitamin dan serat. Meski kebanyakan anak susah makan sayur, namun hal ini tetap perlu dikenalkan sejak kecil. Anak usia sekolah dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gram sehari.

Ada baiknya memilih sayur dan buah segar. Sebisa mungkin mengurangi sayuran beku atau buah kaleng karena mengandung sodium tinggi.

3. Cukupi lemak hariannya

Lemak baik bagi tumbuh kembang anak dan bisa membantu mereka lebih berenergi di sekolah. Ada beberapa sumber lemak baik yang bisa diberikan, seperti mentega, keju, minyak, kacang-kacangan, dan daging. Anak bisa mengonsumsi lemak tidak lebih dari 67 gram sehari.

4. Berikan minuman yang sehat

Selain bekal makanan, jangan lupa membawakan bekal minuman yang sehat. Pada dasarnya, minuman paling sehat ialah air putih.

Anak juga bisa dibawakan jus buah segar. Sebisa mungkin mengurangi pemberian jus buah dalam bentuk kemasan karena tinggi gula. Selain itu, anak juga bisa dibekali susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Serang Israel, Korea Selatan Keluarkan Peringatan Perjalanan

News
| Selasa, 16 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement