Advertisement

Inilah Song A, YouTuber Cilik Pertama asal Korea Utara

Hesti Puji Lestari
Minggu, 14 Agustus 2022 - 07:17 WIB
Sirojul Khafid
Inilah Song A, YouTuber Cilik Pertama asal Korea Utara Ilustrasi Korea Utara - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Mungkin tak banyak yang tahu, jika Korea Utara kini memiliki strategi propaganda yang lebih modern. Sebelum propaganda bak video TikTok, negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un tersebut membuat propaganda yang melibatkan generasi muda.

Dia adalah Song A, seorang gadis cilik berusia 11 tahun yang dinobatkan sebagai YouTuber pertama asal Korea Utara. Song A memulai debutnya di YouTube awal tahun ini ketika menyapa penonton barunya dengan senyum lebar, percaya diri, dan bahasa Inggris yang sempurna. 

Advertisement

Dia menjelaskan bahwa dia tinggal di Pyongyang, ibu kota Korea Utara. "Pyongyang, tempat saya tinggal, adalah kota yang sangat indah dan megah. Apakah Anda pernah ke Pyongyang?" katanya.

Dia menggambarkan Pyongyang sebagai kota yang penuh dengan "hal-hal tak berujung yang dapat dinikmati anak-anak kita". Song A juga bersikeras bahwa orang-orang akan "benar-benar terkejut" jika mereka datang berkunjung ke negaranya tersebut.

BACA JUGA: Sinopsis The Most Hated Man on the Internet, Perjuangan Ibu Melawan Penjahat Seksual

Diluncurkan pada bulan Januari, dengan video pertama yang dirilis pada bulan April, saluran Song A telah menarik lebih dari 12.600 pelanggan di YouTube.

Siapakah Song A?

Song A adalah gadis cilik asal Korea Utara berusia 11 tahun. Dalam video pengantarnya, Song A mengaku kelas 5 dan ibunya telah mengajarinya bahasa Inggris sejak usia dini.

Namun, media Korea Selatan melaporkan bahwa Song A sebenarnya adalah putri seorang diplomat Korea Utara yang pernah bekerja di London.

Dugaan ini kemungkinan besar karena akses internet di Korea Utara sangat dibatasi untuk segelintir elit, dan mereka kemungkinan besar menjadi sasaran pengawasan ketat. Sebelum Song A, pada tahun 2020, seorang YouTuber muda Korea Utara bernama Un A juga menarik perhatian internasional.

BACA JUGA: Film Indonesia Before Now & Then Akan Tayang di Amerika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KKP Klaim Tren Impor Produk Perikanan Menurun hingga Juni 2024

News
| Rabu, 24 Juli 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement