Advertisement

Duta Kila Tampil Semarak di Auditorium Monjali

Galih Eko Kurniawan
Kamis, 21 April 2022 - 04:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Duta Kila Tampil Semarak di Auditorium Monjali Duta Kila tampil di Auditorium Monumen Jogja Kembali, Sleman, Rabu (20/4/2022). - Harian Jogja - Galih Eko Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Duta Kita Cinta Lagu Anak (Kila) tampil semarak membawakan lagu-lagu bertema anak-anak di auditorium Monumen Jogja Kembali (Monjali).

Duta Kila Jogja terdiri dari Shelomita Gasya Amori, Aisha Dama Candrika, Skolastika Padma dan Axel Gloryus Christopradia. Tampil pada Rabu (20/4/2022) di hadapan penonton yang mayoritas anak-anak, Duta Kila mengajak bersuka ria bernyanyi bersama.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kila merupakan program yang diinisiasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan serta Direktorat Perfilman Musik dan Media.

Kila sudah dimulai pada 9 Maret 2022 lalu, bertepatan dengan Hari Musik Nasional. Sebagai program Lomba Menyanyi Anak dan Lomba Cipta Lagu Anak, Kila mampu mengajak masyarakat Indonesia dari berbagai daerah dan kalangan untuk berpartisipasi.

Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia Hilmar Farid menuturkan lagu sangat berperan penting dalam pendidikan anak, terutama dalam mengatasi masalah-masalah sosial dan masalah yang timbul dalam dunia pendidikan.

“Diharapkan lagu anak dapat berperan dalam mengomunikasikan keberagaman, toleransi dan anti-perundungan. Kegiatan Kila diharapkan dapat terus berkembang dari waktu ke waktu dan bisa menginspirasi lebih banyak lagi anak-anak Indonesia,” ungkapnya.

Kila 2022 menghadikan konsep yang lebih menarik dengan melibatkan masyarakat luas baik di tingkat nasional maupun di daerah. Duta Kila bergerak di beberapa daerah, seperti Madiun, Jogja dan Depok.

Koordinator Pokja Apresiasi dan Literasi Musik Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Edi Irawan kehadiran Duta Kila diharapkan bisa meningkatkan semangat anak-anak di seluruh daerah untuk ikut bergabung dalam lomba menyanyi anak maupun lomba cipta lagu anak.

Di Jogja, Duta Kila, Shelomita Gasya Amori, Aisha Dama Candrika, Skolastika Padma dan Axel Gloryus Christopradia hadir secara langsung. Kegiatan Jumpa Kila merupakan upaya untuk bergerak menjangkau lebih banyak sasaran peserta lomba di berbagai daerah.

“Selain itu, di tahun ini Jumpa Kila mengagendakan kegiatan bakti sosial dengan berkunjung ke beberapa panti asuhan maupun panti werdha. Ada sejumlah bantuan yang diserahkan kepada penghuni panti,” paparnya.

Tak cuma disuguhi suara-suara merdu para Duta Kila, acara di auditorium Monjali pada Rabu sore juga ada tarian serta beberapa permainan tradisional, seperti jamuran sampai ular naga, yang dimainkan para anak-anak.

Edi menambahkan saat ini pendaftaran lomba Kila tetap berlangsung sampai dengan 15 Mei 2022. Program ini tidak berbayar dan registrasi serta persyaratan pendaftaran peserta dapat dilihat pada www.kilaindonesia.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kantor Pemkot Magelang Dipasang Logo TNI, Wali Kota Minta Tinjau Ulang

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement