Advertisement

5 Risiko Minum Es saat Buka Puasa Ramadan

Aliftya Amarilisya
Kamis, 07 April 2022 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
5 Risiko Minum Es saat Buka Puasa Ramadan Ilustrasi minuman dingin - Pexels.com

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Minum minuman dingin di saat berbuka puasa memang sangat menyegarkan. Namun, hal tersebut sebetulnya tidak sepenuhnya disarankan.

Pasalnya, di balik kesegaran yang dirasakan, ada bahaya yang mengintai di baliknya. Lebih-lebih jika konsumsi air dingin dilakukan berlebihan. Berkaitan dengan itu, berikut risiko minum air es saat buka puasa bagi kesehatan.

Advertisement

BACA JUGA: Bentuk Posko THR, Disnakertrans Bantul Terima Aduan via Online

1. Sakit tenggorokan

Dilansir dari laman RS JIH Solo, mengonsumsi air dingin ketika berbuka puasa dalam kondisi perut kosong dan dilakukan secara rutin bisa mengakibatkan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Dalam hal ini, air dingin yang sering dikonsumsi bisa menghasilkan penumpukan lendir berlebih di saluran pernapasan.

2. Sakit kepala

Berdasar studi dari University Hospital, Uppsala, Swedia, air dingin bisa mengakibatkan sakit kepala. Dalam beberapa kasus, makanan atau minuman yang terlalu dingin bahkan dapat menyebabkan kepala dan otak terasa membeku atau brain freeze.

3. Menurunkan detak jantung

Sejumlah riset menunjukkan, minum es saat buka puasa dapat menstimulasi saraf untuk menurunkan detak jantung--yang mana dalam beberapa kasus bisa berbahaya bagi jantung.

4. Gangguan pencernaan

Minuman dingin bisa membuat pembuluh darah kencang. Akibatnya, proses pencernaan pun terhambat. Organ pencernaan jadi butuh energi ekstra untuk mengatur suhu yang digunakan dalam proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

5. Menghambat makanan ke perut

Penelitian dari Southern Medical University, China, menyebutkan mengonsumsi air dingin dalam keadaan perut kosong bisa menimbulkan akalasia, yakni kondisi ketika otot kerongkongan tidak mampu mendorong makanan atau minuman masuk ke lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement