Advertisement

Tips Pilih Asisten Rumah Tangga

Jumali
Selasa, 08 Maret 2022 - 08:47 WIB
Jumali
Tips Pilih Asisten Rumah Tangga Asisten rumah tangga Didi Kempot memberikan keterangan di rumah duka di Jl. Mataram 6 No. 5 RT 002/RW 011 Banyuanyar Banjarsari Solo, Selasa (5/5/2020). - Solopos.com/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Mendapatkan asisten rumah tangga yang cocok memang susah. Tidak hanya cocok di masalah gaji, tapi juga kelakuan dan kinerja.

Padahal, kita membutuhkan bantuan asisten rumah tangga segera untuk mengurusi rumah tangga atau menjaga anak selagi kita bekerja atau mengurus bayi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berikut tips memilih asisten rumah tangga :

- Anda harus mencari asisten rumah tangga sesuai dengan preferensi. Tentunya dengan mempertimbangkan sejumlah sisi positif dan negatifnya. Semisal, jika mempekerjakan asisten rumah tangga muda, Anda juga harus siap jika suatu hari ia meminta izin menikah dan mungkin tidak kembali lagi.

- Buatlah job desc secara detail, kalau perlu termasuk jam-jamnya, agar asisten rumah tangga memahami dan dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik.

- Anda bisa menggunakan jasa yayasan, namun ada yang biaya tambahan yang harus Anda bayar saat memilih asisten rumah tangga. Jika ingin irit biaya, Anda bisa mencari asisten rumah tangga lewat rekomendasi kerabat, tetangga, atau teman.

- Anda bisa bertemu dengan asisten rumah tangga dan menanyai seputar latar belakangnya dan pengalamannya. Biasanya, semakin berpengalaman, gaji yang diminta juga semakin tinggi.

- Anda bisa bertanya kepada keluarga atau teman yang berpengalaman dalam mempekerjakan asisten rumah tangga. Berikan gaji yang layak sesuai job desc-nya. Selain gaji, Anda juga harus memperhatikan hak-hak asisten rumah tangga yang lain seperti hari libur mingguan (hari bebas tugas), cuti hari raya, tunjangan hari raya, atau mungkin pulsa bulanan.

- Anda bisa membuat perjanjian terkait masa percobaan selama 1- 3 bulan untuk mengamati kesungguhannya dalam bekerja. Lanjutkan jika merasa cocok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement