Advertisement

Ini Tips untuk Mengatasi Pikiran Negatif

Ithamar Yaomi DC
Selasa, 05 Oktober 2021 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini Tips untuk Mengatasi Pikiran Negatif Emosi negatif bisa membuat kondisi dan suasana hati menjadi sedih hingga stres - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Stres, mudah cemas, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dan merokok, dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda, terutama kesejahteraan mental. 

Anda mungkin sering merasa sedih dan tidak fokus. Namun, penting bagi Anda untuk tidak membiarkan pikiran negatif ini mengelilingi, dan mendominasi Anda.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Mengutip dari Pink Villa, Selasa (5/10/2021), beberapa tips yang dapat membantu mengatasi pikiran negatif.

1. Mulailah dengan mengikuti rutinitas yang sehat

Tidak harus gaya hidup yang disiplin, karena sulit untuk dicapai secara tiba-tiba. Sebaliknya, mulailah secara bertahap. Anda mungkin ingin memulai dengan berjalan kaki singkat 10 menit setiap pagi, atau berhenti merokok, atau mengurangi sampah. 

2. Buat jurnal pemikiran Anda

Jika Anda bukan seseorang yang lebih suka menulis, lakukan ini di dalam kepala. Bicaralah pada diri sendiri, kenali penyebab stres Anda, dan rileks. Jangan terburu-buru mencari solusi. Identifikasi saja penyebab stres Anda dan mulailah dengan mencoba menghindari atau mengatasinya.

3. Buat dirimu bahagia

Lakukan perjalanan solo, kencan, atau sekadar menikmati secangkir kopi di kafe favorit Anda. Lakukan apa yang Anda suka dan nikmati, dan jangan bergantung pada orang lain. Pelajari cara menikmati diri sendiri.

4. Tetapkan jadwal

Usahakan untuk tidur 8 jam setiap malam. Pergi tidur pada waktu yang tetap, dan bangun pada waktu yang tetap juga, akhir pekan Anda dapat menjadi pengecualian, dan Anda tentu saja dapat tidur sedikit lebih lama. Namun, cobalah untuk memperbaiki jadwal dan menaatinya. 

5. Ingat negatif hanyalah emosi, dan bukan cara hidup

Banyak orang sering menjadi mangsa dari emosi negatif. Bernapas dalam-dalam, menjaga lingkungan yang nyaman, bahagia di rumah, dan mendengarkan suara yang menenangkan, semuanya dapat membantu pikiran kembali jernih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement