Advertisement

Perut Kosong, Jangan Pernah Kunyah Permen Karet dan Konsumsi Minuman Ini..

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 09 September 2021 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perut Kosong, Jangan Pernah Kunyah Permen Karet dan Konsumsi Minuman Ini.. Jus jeruk

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika bangun tidur, apa yang biasanya Anda lakukan? Minum kopi?

Jika jawabannya iya, maka berhati-hatilah. Karena ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang tidak baik dikonsumsi ketika perut Anda kosong.

Advertisement

Dampaknya, bisa memengaruhi kesehatan Anda.

Peneliti kesehatan asal India dr Soni Kristi membagikan beberapa hal yang harus dihindari untuk dikonsumsi saat perut kosong.

“Segala sesuatu yang kita lakukan memengaruhi tubuh kita dengan cara tertentu. Namun, kesehatan kita paling rentan saat perut kosong. Tubuh kita membutuhkan makanan yang dapat diubah menjadi energi dan nutrisi dalam hitungan detik dan itulah mengapa menjadi lapar, ”katanya dilansir dari Indian Express.

1. Kopi

Kopi, bahkan tanpa kafein, cenderung membuat asam lambung naik dan dapat menyebabkan mulas atau masalah pencernaan lainnya jika dikonsumsi saat perut kosong. Jika Anda memiliki kebiasaan melewatkan sarapan pagi dan minum kopi sebagai gantinya, itu dapat mengakibatkan penurunan produksi serotonin dan membuat mood Anda turun sepanjang hari.

2. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet menghasilkan asam pencernaan yang dapat merusak lapisan halus perut Anda. Jika Anda konsumsi terlalu banyak permen karet, maka dapat menyebabkan gastritis.

Baca juga: Ari Lasso Ternyata Mengidap Kanker Langka

3. Alkohol

Saat Anda lapar, tubuh cenderung menyerap apa pun yang Anda konsumsi lebih cepat. Akibatnya, ketika Anda minum alkohol, penyerapannya akan meningkat dan terjadi dua kali lebih cepat. Bahkan proses pembuangan alkohol dalam tubuh akan melambat dan akan menyebabkan hangover yang mengerikan serta meningkatkan efek alkohol pada jantung, ginjal, dan hati Anda.

4. Jus jeruk dan buah jeruk

Makanan yang mengandung jeruk memiliki serat keras dan basa asam yang dapat menyebabkan iritasi pada perut Anda. Ini dapat menyebabkan gastritis atau membuat Anda rentan terhadapnya.

Dia bahkan menyebutkan bahwa seseorang harus menghindari berolahraga dengan perut kosong.

“Umumnya, olahraga atau latihan saat perut kosong dianggap bisa membakar banyak kalori. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kehilangan lemak tidak terjadi dengan cara itu, ”katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement