Advertisement

Tanda-Tanda Kecanduan Laptop, Ini Ulasannya..

Krizia Putri Kinanti
Sabtu, 25 Juli 2020 - 11:17 WIB
Sunartono
Tanda-Tanda Kecanduan Laptop, Ini Ulasannya.. Ilustrasi - Softpedia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Rutinitas harian Anda telah dipengaruhi oleh pekerjaan Anda akhir-akhir ini. Anda bangun dan hal pertama yang Anda lakukan berhari-hari adalah menghidupkan laptop.

Anda terus bekerja sepanjang hari, hanya untuk merasa lelah. Sementara itu, banyak dari kita bekerja dari rumah dan mungkin terus melakukannya untuk sisa tahun ini, kita mungkin ingin menguji kembali hubungan yang kita bagi dengan gadget favorit kita, laptop.

Advertisement

Bekerja dari rumah mendorong banyak professional ke tahap-tahap kehabisan tenaga dan stres tambahan hanya merugikan kesehatan Anda. Anda akan terkejut mengetahui bahwa banyak pemicu ini mungkin ada hubungannya dengan cara Anda menggunakan laptop Anda.

BACA JUGA : Penjaga Malam di Bantul Curi Laptop di Kantor Pemerintahan

Dikutip dari Times of India, Sabtu (25/7/2020), berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda mungkin memiliki hubungan yang tidak sehat dengan laptop Anda selama masa pandemi virus corona:

1. Menyalakan Laptop Ketika Bangun Tidur

Bekerja dari rumah atau tidak, memiliki jadwal di tempat adalah penting dan satu atau dua jam pertama hari itu harus dikhususkan untuk sesuatu yang bermanfaat dan positif, dan jelas bukan untuk laptop.

Jika ini adalah rutinitas yang Anda ikuti setiap hari, itu mungkin berubah menjadi kebiasaan beracun bagi otak Anda dan membuat Anda kelelahan.

2. Apakah Anda merasa cemas ketika level baterai mulai menurun?

Anda mendapatkan pengingat bahwa baterai laptop akan habis dan Anda merasa gelisah. Jika Anda terus-menerus merasa cemas dan gugup berpikir bahwa laptop mungkin dimatikan, itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda terikat secara beracun dengan pekerjaan Anda.

Ingat, sesuatu yang sederhana seperti ini seharusnya tidak membuat Anda gugup atau cemas.

3. Anda Merasa Sulit untuk Menjauh dari Laptop

Banyak dari kita memiliki kebiasaan membuka handphone untuk memeriksa apakah Anda melewatkan sesuatu. Hal yang sama dapat dikatakan untuk beberapa pecandu kerja yang tetap sibuk menghabiskan waktu melakukan pekerjaan resmi 24x7.

Ini bisa menjadi tanda kecemasan atau khawatir kehilangan sesuatu. Ini juga bisa membuat Anda kehilangan waktu keluarga sehingga membuang kebiasaan ini sekaligus.

4.Tidak Ada Istirahat Teratur di Antara Pekerjaan

Terlalu banyak waktu layar tidak hanya buruk bagi mata Anda, tetapi juga kesehatan mental Anda. Tetap terpaku pada layar sepanjang waktu hanya akan membuat Anda terlihat lelah, lelah dan memengaruhi rutinitas harian Anda.

Ini juga dapat mengganggu siklus tidur Anda dan membuat Anda merasa kenyang dan lelah. Karenanya, sangat penting untuk bangun dan meregangkan setiap 30 menit atau lebih dan menyegarkan tubuh Anda.

5. Anda Bekerja dengan Postur yang Tidak Tepat

Ergonomi Laptop mendefinisikan bahwa seseorang idealnya harus menggunakan laptop sedemikian rupa sehingga tulang belakang atau punggung Anda tidak terpengaruh.

Namun, banyak yang memiliki kebiasaan bekerja dengan laptop yang duduk di tempat tidur atau duduk dengan tidak benar, atau tidak memiliki area yang cukup terang. Semua ini buruk bagimu.

Pastikan Anda memiliki tempat kerja terpisah, atau buat ruang kerja yang menguntungkan postur Anda. Bekerja di tempat tidur adalah kebiasaan beracun lain yang harus dihindari setiap saat.

6. Anda Membuka Banyak Tab

Pakar teknologi mengatakan bahwa desktop adalah satu tempat Anda tidak harus menjejali banyak file dan ada manfaat kesehatan untuk melakukannya juga.

Memiliki terlalu banyak hal di desktop Anda dapat membuat Anda merasa memiliki banyak hal yang harus dilakukan sekaligus. Kebiasaan yang sama-sama berbahaya bisa membuat tab terlalu banyak terbuka saat Anda bekerja.

Ini dapat membuat Anda merasa seperti terlalu banyak hal yang terjadi dan menyebabkan kepanikan.

Sama seperti Anda akan membersihkan dan menyatakan hal-hal di kamar Anda, mengadopsi strategi yang sama untuk laptop kerja Anda untuk memiliki pola kerja yang lebih sehat.

7. Anda tidak pernah mematikannya

Tidak mematikan laptop Anda adalah kebiasaan komputer yang buruk, beberapa ahli mengatakan dan sedikit banyak hal itu juga buruk untuk kesehatan Anda.

Singkatnya, jika Anda tidak mematikan laptop Anda, Anda mungkin terus-menerus merasa bahwa Anda "tidak selesai bekerja" dan merasa sulit untuk beralih ke timeline di mana Anda harus santai dan menghilangkan stres.

Sama seperti yang akan Anda lakukan di ruang kantor, matikan laptop Anda, jauhkan dari pandangan dan luangkan waktu jauh dari gadget. Kebiasaan kecil ini sebenarnya bisa baik untuk Anda dan membuat Anda merasa damai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement