Advertisement

Get The Fest di Tebing Breksi, Festival Musik Berbahan Bakar Olahan Sampah Plastik

Galih Eko Kurniawan
Jum'at, 25 Oktober 2024 - 00:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Get The Fest di Tebing Breksi, Festival Musik Berbahan Bakar Olahan Sampah Plastik Tebing Breksi / dok Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Mengambil tempat di Tebing Breksi Prambanan, Sleman, Get The Fest 2024 mengajak para pengunjungnya untuk dapat menikmati dan menjadi saksi dari festival musik satu-satunya yang menggunakan energi hasil dari olahan sampah plastik.

Get The Fest mulai berlangsung pada Jumat (25/10/2024) sampai Minggu (27/10/2024) di Tebing Breksi Prambanan, Sleman. Bakal ada penampilan dari sejumlah pemusik, seperti Iksan Skuter, Ipank Hore-Hore, Ipang Lazuardi, Endah n Rhesa, Pusakata ataupun Nurbait.

Advertisement

Selain pertunjukan musik, di festival ini juga akan menghadirkan pemutaran film pendek dari YAFY Yogyakarta, temu wicara Pangan Nusantara, Wastra Nusantara dan Perjalanan Nusantara.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Jumat, Jogja dipilih menjadi lokasi Get The Fest kedua untuk menjawab tantangan permasalahan sampah yang sedang dihadapi kota pelajar ini sejak secara resmi TPA Piyungan ditutup karena kapasitasnya yang sudah overload.

Di tengah tantangan itu, Get The Fest hadir mengajak warga sekitar Cupuwatu, Kalasan, untuk memilah dan mengumpulkan sampahnya yang kemudian diolah dengan mesin pirolisis inovasi Yayasan Get Plastic Indonesia bekerja sama dengan Bank Sampah Go-Green.

Sambutan warga cukup positif mengingat sampai saat ini Get The Fest telah menerima sampah donasi sejumlah 2.522,56 kilogram atau sekitar 2,5 ton, dengan total sampah plastik diolah menjadi BBM sebanyak 1.922,27 kg atau sekitar 1,9 ton serta BBM yang dihasilkan sebanyak 1.854,34 liter.

Data pengolahan sampah ini akan terus bertambah karena masih berlangsung sampai November. Donasi diperoleh dari keterlibatan sekitar 200 warga sekolah, pelaku UMKM, beberapa kafe, dan komunitas pemerhati lingkungan dan lembaga yang turut menyumbangkan sampah plastiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Prabowo Dijadwalkan Hadir di KTT G20 Brasil

News
| Jum'at, 25 Oktober 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement