Advertisement

Spotify Sebut Pendapatan Royalti Musikus Indonesia Meroket

Redaksi
Kamis, 18 Juli 2024 - 21:57 WIB
Arief Junianto
Spotify Sebut Pendapatan Royalti Musikus Indonesia Meroket Ilustrasi musik (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Platform streaming audio Spotify mencatat artis Indonesia mendapatkan para pendengar baru lebih dari 5,1 miliar kali sepanjang 2023.

Laporan Loud & Clear juga menyoroti banyaknya musikus Indonesia yang kini ditemukan oleh para pendengar secara global.

Advertisement

Head of Music Spotify Southeast Asia, Kossy Ng mengaku adanya peningkatan royalti dari para musikus Indonesia. Pada 2023, royalti yang dihasilkan oleh artis Indonesia hampir tiga kali lipat dari jumlah yang dihasilkan pada 2021. Jumlah ini juga meningkat lebih dari 1.500% sejak 2017.

Menurutnya, lebih dari 70% keseluruhan royalti yang dihasilkan oleh musisi Indonesia pada 2023 berasal dari musikus atau label independen.

Menurut data tersebut, lebih dari dua pertiga royalti yang dihasilkan oleh artis Indonesia berasal dari pendengar di luar negeri pada 2023.

Pernyataan tersebut juga didukung oleh data Loud & Clear yang menjelaskan adanya pertumbuhan royalti Spotify sebesar 521% terhadap para musikus yang membawakan lagu berbahasa Indonesia sejak 2018.

Hal ini menunjukkan adanya antusiasme para pendengar global terhadap musik berbahasa Indonesia. Kossy berharap, tingginya rasa antusiasme tersebut bisa membuat musik Indonesia menjangkau pendengar yang lebih luas lagi.

Dia juga berharap Spotify bisa terus merepresentasikan berbagai musikus dari berbagai genre musik. Adanya laporan Loud & Clear ini juga diharapkan bisa memberikan wawasan baru tidak hanya bagi para musikus, tetapi juga bagi industri musik dan para pendengar di seluruh dunia.

Kossy juga menjelaskan Spotify telah melakukan riset dengan mengumpulkan berbagai data dan membagikannya kepada para musikus sebagai bentuk transparansi. Spotify memanfaatkan data, insight, dan melihat pasar dari para pendengar yang dapat digunakan para musikus yang ingin mengoptimalkan karyanya pun dapat menggunakan data-data yang telah Spotify sediakan.

Dia memaparkan, saat ini, layanan streaming Spotify membuat banyak musikus Indonesia dapat meraih panggungnya sendiri, baik di kancah lokal maupun internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement