Advertisement

Jelajahi Taman Bunga 'Isparta' di Turki Saat Musim Panen

Abdul Hamied Razak
Rabu, 03 Juli 2024 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Jelajahi Taman Bunga 'Isparta' di Turki Saat Musim Panen Kawasan taman bunga Isparta di Turki.ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dikenal sebagai “taman bunga” di Türkiye, Isparta telah muncul sebagai ‘tujuan ekowisata’ ​​yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Pengunjung berbondong-bondong mengunjungi taman mawar dan semarak ladang lavender ungu di area tersebut.

Aroma bunga yang manis dan keajaiban alam yang menakjubkan menjadikan Isparta tempat yang wajib dikunjungi, begitu pula beragam aktivitas olahraga, masakan mewah, dan taman yang indah di provinsi ini.

Advertisement

Selain itu, pada perbatasan Isparta terdapat bagian dari Distrik Danau Türkiye yang terkenal, yang masuk dalam daftar “50 Tempat Terbaik untuk Berwisata di 2023”.


Negeri Mawar dan Lavender

Isparta, Pusat mawar di Türkiye, memiliki kapasitas untuk menghasilkan 65% minyak mawar dunia. Produk makanan lezat seperti manisan dan selai mawar, juga dihasilkan dari mawar-mawar di daerah ini dan diproses secara modern.

Berbagai produk kosmetik seperti air mawar, minyak mawar, serta parfum dan krim mawar juga diproduksi. Panen mawar tahunan, yang berlangsung pada akhir Mei dan Juni, dirayakan oleh warga dan pengunjung.

Selain panen bunga mawar yang melimpah, Isparta kini terkenal dengan produksi lavender. Saat ini, kebun lavender di desa Kuyucak, di distrik Keçiborlu, Isparta, menyumbang 90% dari produksi lavender di Türkiye.

Setelah dipanen, lavender basah dan kering diproses setelah menjadi krim, sabun, minyak, minyak wangi, dan produk lainnya. Setelah panen mawar, panen lavender dimulai dari akhir Juli hingga pertengahan Agustus.


Kebun lavender di Desa Kuyucak

Pesona Isparta tidak hanya terbatas pada taman mawar dan lavender yang melimpah, tetapi juga meliputi sebagian besar Kawasan Danau - sebuah area di Basin Mediterania yang memiliki beberapa danau. Selama perjalanan Anda ke Isparta, Anda dapat mengunjungi Eğirdir, danau terbesar di wilayah ini, dan Kovada, yang terletak di taman nasional.

Di distrik Eğirdir, kota “CittaSlow” Eğirdir yang berada di tepi Danau Eğirdir, merupakan keajaiban alam indah yang dikelilingi oleh kebun apel terkenal di distrik tersebut. Anda dapat berjalan kaki atau bersepeda mengelilingi danau, menikmati wisata perahu, dan menyantap ikan segar di restoran tepi danau.

Ada dua pulau di Danau Eğirdir: Pulau Can yang relatif sepi yang sering digunakan untuk berkemah dan piknik. Pulau Yeşil yang memiliki desa dengan rumah-rumah kayu dan jalan-jalan sempit, terkenal dengan Gereja Aya Stefanos, yang merupakan situs Kristen terkemuka.

Selain Danau Eğirdir, distrik ini juga memiliki Kastil Eğirdir, yang berasal dari zaman Romawi Timur, dan Masjid Hızırbey yang berusia 800 tahun. Kovada menawarkan pemandangan indah dengan flora dan faunanya yang unik, dan taman nasional di sekitar danau yang merupakan destinasi favorit untuk fotografi alam, observasi satwa liar, penggemar hiking, dan berkemah.


Taman Nasional Danau Kovada

Petualangan Trekking di Tengah Sejarah dan Alam

Kawasan Danau ini memiliki beberapa kota kuno, dan jalur pendakian menawarkan cara yang menyenangkan untuk mengunjungi situs-situs ini. Jalur Saint Paul dan Pisidia melintasi situs-situs arkeologi di provinsi Isparta, dengan Jalur Saint Paul, salah satu rute pendakian terpanjang di Türkiye, yang dimulai dari Perge di Antalya dan melewati Canyon Yazılı di desa Çandır di Isparta.

Canyon Yazılı ini merupakan gudang oksigen yang secara historis memiliki nilai sejarah penting karena kuil dan prasasti batunya. Panjat tebing di Canyon Yazılı juga sangat populer, begitu pula pengalaman seperti arung jeram di Sungai Göksu. Jalur Saint Paul juga melewati kota kuno Adada dan distrik Eğirdir dan Yalvaç, berakhir di kota kuno Pisidia Antiocheia.

Setelah mengunjungi situs-situs suci seperti Kuil Trajan dan Kaisar-kaisar serta kuil Zeus Megistos-Serapis di Adada, Anda dapat melihat struktur bangunan mengesankan seperti Kuil Augustus, Pemandian Romawi, dan Air Mancur Monumental di Pisidia Antiocheia, yang terletak di dekat kota Yalvaç, anggota lain dari jaringan CittaSlow.

Antiocheia, tempat Santo Paulus menyampaikan khotbah pertamanya, juga terkenal dengan gereja yang didedikasikan untuk santo tersebut. Temuan dari kota kuno ini dipamerkan di Museum Yalvaç. Selain itu, saat berada di Yalvaç, Anda dapat mencicipi hidangan tradisional lokal seperti Yalvaç hamursuzu, yang dibuat dengan mentega, tahini, dan kentang tumbuk, serta Yalvaç güllacı, yang diolah dengan sejenis keju tertentu.

Pisidia, jalur pendakian menarik lainnya yang terdapat di wilayah ini, menawarkan kesempatan untuk mengunjungi kota-kota kuno Adada dan Antiocheia kuno di Isparta serta kota-kota di sekitarnya. Beberapa situs paling mencolok di rute ini termasuk Kota Kuno Sagalassos. Di distrik Ağlasun Burdur, Sagalassos memiliki Air Mancur Antonine yang berusia 1.800 tahun.

Ngarai Köprülü di Antalya juga patut untuk dikunjungi, begitu pula Selge, yang berada dalam perbatasan Taman Nasional dan Termessos, salah satu kota kuno yang paling terpelihara di Türkiye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Anggaran Makan Siang Gratis Dijatah Rp7.500 per Anak, Menteri Keuangan Bilang Begini

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement