Advertisement

Peraturan Unik di Australia, Siapapun Dilarang Mengubah Resep Biskuit Ini Jika Tidak Ingin Dipenjara

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 31 Mei 2024 - 17:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Peraturan Unik di Australia, Siapapun Dilarang Mengubah Resep Biskuit Ini Jika Tidak Ingin Dipenjara Biskuit Anzac khas Australia. - Delicous.com.au

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Australia memiliki salah satu hukum unik yang berkaitan dengan sebuah biskuit. Siapapun yang mengubah resep biskuit Anzac, maka ia akan dikenakan denda bahkan dijebloskan ke penjara.

Hukum unik itu mengatur tentang biskuit Anzac, sebuah biskuit khas Australia yang sudah ada sejak masa Perang Dunia I. Sebagai biskuit yang berasal dari masa perang, tidak mengherankan jika ada peraturan resimen seputar biskuit Anzac.

Advertisement

Dilansir dari Delicious, siapapun yang mengacaukan resep biskuit Anzac yang sebenarnya dapat dijatuhi hukuman denda sebesar $51.000 atau Rp550 juta atau membuat orang itu dipenjara.

Penggunaan kata 'Anzac' dalam produksi komersial dan penjualan biskuit Anzac biasanya disetujui oleh Departemen Urusan Veteran setempat. Biskuit Anzac dilindungi oleh peraturan yang mengatur penggunaan komersial produk ini agar tetap sesuai dengan nilai-nilai tradisionalnya.

Meskipun diperbolehkan secara hukum untuk mengganti bahan-bahan dalam resep untuk memenuhi kebutuhan diet, terdapat larangan komersial untuk modifikasi substansial apa pun pada resep sehingga menyimpang terlalu jauh dari resep biskuit Anzac tradisional. Bahkan, kudapan itu harus disebut sebagai 'Anzac Biskuit' atau 'Anzac Slice', bukan 'Anzac Cookies' yang dianggap terlalu mengarah ke kebiasaan Amerika.

BACA JUGA: Sark Prison, Penjara Terkecil di Dunia yang Hanya Punya Dua Sel

Berdasarkan Undang-undang Perlindungan Kata 'Anzac' tahun 1920, hukuman penjara hingga 12 bulan dapat diterapkan atas pelanggaran peraturan, dan berdasarkan Undang-Undang Kejahatan tahun 1914, pengadilan dapat menjatuhkan denda hingga $10.200 (Rp110 juta) per orang dan $51.000 untuk badan hukum, alih-alih dipenjara.

Apabila resep atau produk jadi yang diproduksi secara komersial secara substansial menyimpang dari bentuk yang diterima secara umum, misalnya mengandung coklat atau buah, penggunaan istilah Anzac harus dipertimbangkan kembali. Biskuit Anzac yang resepnya menggantikan bahan-bahan yang memenuhi kebutuhan diet tertentu, termasuk bahan bebas gluten dan vegan, hal ini tidak dianggap sebagai penyimpangan.

Menurut Departemen Urusan Veteran yang bertanggung jawab atas peraturan seputar penggunaan kata Anzac, resep resmi biskuit Anzac adalah sebagai berikut.

Resep Biskuit Anzac Resmi

Bahan-bahan:

2 sendok makan mentega atau margarin

2 sendok makan sirup emas

1 sendok teh soda bikarbonat dilarutkan dalam 2 sendok makan air mendidih

1 cangkir rolled oat atau gandum utuh

1 cangkir kelapa kering

3/4 cangkir gula merah

3/4 cangkir tepung terigu

BACA JUGA: Mengenal Panda Raksasa Fu Bao, Si Harta Karun Keberuntungan

Langkah-langkah:

  1. Panaskan oven hingga 160°C.
  2. Lelehkan mentega (atau margarin) dan sirup.
  3. Tambahkan soda bikarbonat terlarut dan air.
  4. Campur bahan kering dalam mangkuk, tambahkan campuran cair dan aduk.
  5. Tempatkan adonan berbentuk bola-bola kecil (sekitar 1 sendok teh) di atas loyang yang sudah diolesi minyak.
  6. Panggang selama 20 menit atau sampai berwarna coklat muda.
  7. Angkat biskuit ke rak pendingin kue dan tunggu hingga dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Mag 5,1 Guncang Papua

News
| Selasa, 17 September 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement