Advertisement

TIPS PERCINTAAN: 10 Cara Menolak saat Anda Menjadi Pilihan Kedua

Maharani Dwi Puspita Sari
Kamis, 23 Mei 2024 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
TIPS PERCINTAAN: 10 Cara Menolak saat Anda Menjadi Pilihan Kedua Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Apapun kondisi Anda, jangan pernah mau menjadi second choice atau pilihan kedua. Sebab Anda adalah pribadi yang berharga dan berhak mendapatkan lebih baik. Namun terkadang memang tak mudah menjauh dari hubungan seperti ini. Karena ini, berikut 10 tips menolak saat Anda menjadi pilihan kedua.

Dilansir dari marriage.com, Rabu (23/5/2024) secara umum second choice tidak boleh dilakukan atas dasar alasan ketidakamanan perasaan yang dimiliki oleh seseorang. Tidak adanya kepastian dalam suatu hubungan, membuat banyak orang merasakan tekanan secara kuat dalam menjalani kehidupan. Maka dari itu, Anda harus menolak keras ajakan untuk menjadi seorang second choice.

Advertisement

Simak 10 alasan menolak menjadi second choice dalam suatu hubungan:

1. Tidak menghasilkan feedback

Feedback merupakan suatu hal yang sangat penting dalam suatu hubungan. Sikap timbal balik atau feedback tidak dapat dirasakan oleh second choice karena tidak adanya ikatan pasti yang terlibat dalam hubungan tersebut. Seseorang cenderung mengeluarkan rasa cinta dan bahagianya ketika menemukan orang yang tepat. Namun, ketika berada di posisi second choice seseorang akan merasa perhatian yang diberikan tidak sebanding dengan harapan.

2. Anda berhak untuk mendapatkan cinta yang lebih besar

Cinta yang setara dan lebih besar dapat tercipta dari adanya feedback, perasaan, dan sikap menghargai satu sama lain. Namun, dalam posisi second choice telah membuang banyak cinta dan kesempatan kepada orang yang salah.

Baca Juga

5 Bahasa Cinta yang Membantu Anda & Pasangan Saling Memahami

Tips Menjalin Hubungan dengan Orang di Luar Tipe Idaman

RELATIONSHIP: Tips Agar Tak Jadi Selingkuhan

Hal ini membuat seseorang merasa rapuh dan tertutup untuk mengenal cinta yang lain. Kemungkinan besar, segala hal yang tidak dapat terbalas di hubungan sebelumnya, akan tercapai di masa depan dengan cinta yang lebih besar.

3. Anda berhak mendapatkan peluang yang lebih besar

Peluang dapat dihasilkan ketika seseorang berani untuk terbuka dan mengambil kesempatan dengan segala risiko yang akan terjadi. Dalam posisi second choice, seseorang cenderung sulit untuk melepaskan orang lain yang dianggap sosok berharga di dalam hidupnya. Hal ini membuat banyak orang merasa tertinggal dan tidak dapat mendapatkan peluang hidup yang lebih besar.

4. Mengalami perasaan tidak nyaman

Perasaan tidak nyaman atau mixed signal menjadi salah satu keseharian yang dirasakan oleh kaum second choice. Menjadi pasangan cadangan, membuat perhatian dan kasih sayang yang dirasakan, tidak sebanding dengan apa yang dilakukan. Perasaan tersebut akan selalu menghantui sepanjang hari, karena tidak adanya kepastian yang jelas untuk merasakan cemburu, marah, maupun kesal terhadap pasangan.

5. Berdampak negatif bagi kesehatan mental

Kesehatan mental merupakan salah satu hal yang harus dijaga oleh setiap orang. Kesehatan yang dimaksud adalah mengenai ketenangan jiwa, pikiran, dan perlakuan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang berada di posisi second choice, akan merasakan gangguan kesehatan mental berupa kesulitan tidur, kehilangan semangat beraktivitas, dan pusing yang berkepanjangan.Kondisi ini dapat terjadi ketika seseorang tidak mendapatkan pesan, kasih sayang, maupun tindakan yang tepat dari orang-orang terkasih.

6. Kebahagiaan terpengaruh oleh pihak lain

Berada di posisi second choice, membuat kehidupan seseorang bergantung terhadap satu orang yang tidak mampu memberikan kepastian secara jelas. Hal ini tidak dapat dilakukan terus menerus, supaya kebahagiaan Anda tidak dipengaruhi oleh orang lain. Masih banyak sumber kebahagiaan yang dapat ditemui baik dari sektor pekerjaan, teman, keluarga, dan lainnya.

7. Sulit membuat rencana

Rencana merupakan strategi yang dibuat untuk menentukan jalan dalam mengerjakan sesuatu. Berada di posisi pilihan kedua, membuat banyak orang kehilangan fokus untuk membuat rencana sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Anda seharusnya bertindak secara sadar meninggalkan posisi second choice, untuk menyusun seluruh strategi kehidupan yang lebih baik.

8. Tidak mendapatkan perasaan yang setara

Perasaan yang setara menjadi salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan oleh setiap pasangan. Untuk apa menjalin suatu hubungan jika tidak mendapatkan perasaan yang setara? Hubungan dilakukan oleh dua orang, dan tidak mungkin berhasil jika hanya satu orang yang menopang hubungan tersebut.

9. Berdampak buruk terhadap perkembangan diri

Perkembangan diri dapat dilakukan ketika mendapatkan banyak dukungan dari pihak sekitar. Namun, apabila kondisi sekitar dipenuhi oleh orang-orang yang tidak tepat dan jauh dari rasa percaya, maka akan berdampak buruk terhadap kualitas diri seseorang.

Berada di posisi pilihan kedua, menjadi salah satu hal buruk yang membuat seseorang tidak dapat berkembang secara aktif. Lebih baik sudahi hubungan tersebut, dan fokus menata diri bagi masa depan.

10. Merasa kesepian setiap saat

Kesepian merupakan permasalahan yang selalu melanda seluruh kaum pilihan kedua. Rasa kesepian dapat muncul ketika orang terkasih tidak memberikan kabar, membalas pesan, dan bertindak sesuka hati untuk datang dan pergi. Jika Anda terjebak pada posisi second choice, sebaiknya pergi dan prioritaskan kebahagiaan untuk diri sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ada Indikasi Tindak Pidana Perdagangan orang dalam Kasus Judi Online

News
| Minggu, 16 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement