Advertisement

Tips Sehat dan Bugar di Tengah Cuaca yang Tidak Menentu

Redaksi
Selasa, 21 Mei 2024 - 15:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tips Sehat dan Bugar di Tengah Cuaca yang Tidak Menentu Cuaca ekstrem - ilustrasi - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Cuaca yang cenderung berubah, dari panas ke dingin dan sebaliknya mengakibatkan imunitas manusia menjadi terganggu. Guna menghadapi perubahan cuaca ini, berikut tips agar tetap sehat.

Dilansir dari vinilon.com, kondisi tubuh yang tidak dapat beradaptasi secara cepat, menyebabkan banyak risiko terjadinya penyakit dan gangguan sistem imunitas pada tubuh manusia. Hal tersebut menjadi salah satu alasan yang tepat, untuk mempersiapkan seluruh mental dan kebutuhan, dalam mengatasi perubahan cuaca yang tidak menentu.

Advertisement

Berikut tips supaya tetap sehat di tengah cuaca yang tidak menentu:

1. Konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang

Makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi seimbang, sangat diperlukan untuk melindungi serta memberikan stamina bagi pertahanan tubuh manusia. Dalam cuaca yang tidak menentu, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dan seimbang dari kadar protein, karbohidrat, vitamin, serat, dan mineral. Sebaiknya konsumsi daging, kacang-kacangan, serta buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan seperti jambu, anggur, jeruk, kiwi, dan sebagainya.

2. Biasakan untuk mencuci tangan

Mencuci tangan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi pertumbuhan kuman dan bakteri di dalam tubuh. Dalam cuaca yang tidak menentu, kualitas udara di lingkungan sekitar akan mengalami penurunan, dan berdampak pada kesehatan manusia. Anjuran mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, ditujukan untuk memutus rantai terjadinya penyebaran kuman maupun bakteri. Baca Juga : Tips Gaya Hidup Sehat agar Berat Badan Stabil

3. Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mengolah dan membuat tubuh menjadi berkeringat. Keringat yang dihasilkan, merupakan salah satu bentuk proses pembuangan sisa lemak, maupun perubahan suhu yang terjadi di dalam tubuh. Berolahraga membuat tubuh Anda menjadi sehat, bugar, dan kuat secara fisik. Anda dapat menerapkan kegiatan olahraga selama 30 menit sehari atau minimal tiga kali dalam seminggu. Semakin sering berolahraga, maka kualitas tubuh Anda dapat terjaga dengan baik.

4. Tidur yang cukup

Setiap manusia melakukan rutinitas tidur selama 6-8 jam setiap hari. Aktivitas tersebut dilakukan, untuk membangun stamina secara kuat dan meningkatan sistem kekebalan tubuh, selama menjalani cuaca yang tidak menentu. Pastikan kualitas tidur Anda terjaga dengan baik, supaya kesehatan tubuh, pikiran, dan mental semakin membaik setiap hari.

Baca Juga

Calon Haji Diminta Waspadai Cuaca Panas di Tanah Suci, Begini Tips dari Dinkes Gunungkidul

Musim Kemarau Tiba, Ini Tips Memilih Baju Agar Nyaman dan Tetap Gaya

Cuaca sedang Panas, Ini Makanan yang Pas buat Jaga Kesehatan Anda

5. Konsumsi air putih secara rutin

Konsumsi air putih menjadi salah satu peranan yang cukup penting, dalam mengatasi permasalahan cuaca yang tidak menentu. Anda harus mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter dalam sehari, untuk menjaga kualitas tubuh supaya tetap terhidrasi, dan membuat organ-organ dapat bekerja secara maksimal.

6. Konsumsi vitamin maupun suplemen kesehatan

Vitamin dan suplemen kesehatan merupakan salah satu jenis obat-obatan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Kegunaan dari vitamin dan suplemen kesehatan adalah untuk memberikan perlindungan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Anda dapat mengonsumsi jenis vitamin maupun suplemen kesehatan, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Namun, rekomendasi yang tepat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh adalah, mengonsumsi vitamin C.

7. Mengendalikan stres

Stres menjadi pemicu utama dari adanya penurunan kesehatan di dalam tubuh. Cuaca yang tidak menentu, membuat kondisi mental seseorang mengalami perubahan dan guncangan psikis secara signifikan. Adaptasi yang dilakukan secara berulang, membuat banyak orang harus melakukan penyesuaian secara tepat. Anda harus mampu mengendalikan stres tersebut, demi menjaga kestabilan mental maupun kesehatan fisik dalam jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LBH Padang Akhirnya Beberkan Kronologi Penganiayaan Anak oleh Polisi

News
| Minggu, 23 Juni 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement