Advertisement

5 Racikan Kopi Aneh yang Viral, Mulai dari Campur Cabai hingga Daun Bawang

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 10 Mei 2024 - 15:57 WIB
Lajeng Padmaratri
5 Racikan Kopi Aneh yang Viral, Mulai dari Campur Cabai hingga Daun Bawang Kopi / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat gelombang tren kopi dengan racikan tidak biasa dari berbagai wilayah di dunia. Racikan aneh itu pun viral di media sosial.

Sebagian besar masyarakat di berbagai daerah memilih kopi sebagai salah satu minuman favoritnya. Tak hanya disajikan apa adanya, kini banyak bermunculan berbagai kreasi racikan kopi agar menambah citarasa.

Advertisement

Yang paling umum, kopi akan dicampur gula dan susu agar lebih nikmat. Kendati demikian, saat ini kreasi racikan kopi makin beragam dan tak jarang menimbulkan kontroversi.

Berikut ini 5 racikan kopi aneh yang pernah ada.

  1. Kopi daun bawang

Baru-baru ini, viral di media sosial racikan kopi susu daun bawang. Kopi “scallion latte” ini muncul di salah satu kedai di China.

Dalam beberapa video viral, minuman ini dibuat dengan meletakkan daun bawang cincang di dasar cangkir. Pembuatnya kemudian menambahkan es batu, menuangkan susu, menambahkan kopi, dan diakhiri dengan menaburkan daun bawang cincang lagi di atasnya sebagai toping.

Beberapa orang menganggap scallion latte menarik, dan menambahkan bahwa mereka menyukai rasanya yang unik. Namun, ada pula yang mengklaim minuman tersebut membuat mereka kehilangan nafsu makan.

BACA JUGA: Viral ASI Perah Jadi Bubuk, IDAI Sebut Ada Risiko Kontaminasi

  1. Kopi cabai

Kopi unik lain juga ada di China, yaitu kopi cabai. Kedai kopi bernama Jingshi Coffee itu meluncurkan menu 'hot ice latte' yang semakin populer pada bulan Desember lalu. Serupa namanya, es kopi itu menawarkan sensasi ‘panas membara’ ketika diminum karena menggunakan campuran cabai.

Rupanya, inovasi es kopi ini diciptakan sebagai penghormatan terhadap masakan pedas yang terkenal di Provinsi Jianxi. 

Dalam video yang beredar, tampak barista kafe menuangkan latte ke dalam gelas plastik sebelum menambahkan cabai kering dan bubuk cabai ke minumannya. Mereka yang cukup berani untuk mencobanya mengklaim bahwa minuman ini sedikit lebih pedas daripada latte biasa, tapi rasanya ternyata bisa diterima lidah.

  1. Kopi rasa daging babi

Tidak kalah aneh, salah satu kedai kopi Starbucks di Amerika Serikat juga pernah meluncurkan latte rasa babi dalam rangka musim Tahun Baru Imlek yang lalu.

Dalam promosinya, kedai kopi tersebut menyebutkan menu kopi itu sebagai yaang "diintegrasikan dengan adat istiadat tradisional Tahun Baru China."

Minuman itu rilis dalam edisi terbatas dengan nama menu yang diterjemahkan menjadi "Kopi Susu Gurih Tahun yang Berlimpah". Dalam penyajiannya, kopi itu dilengkapi dengan sepotong daging babi yang ditusuk bertengger di atas cangkir. Nama resmi menu dalam bahasa Inggrisnya adalah "Lucky Savory Latte".

Starbucks mengatakan kopi tersebut adalah kombinasi espresso dan saus "babi Dongpo", mengacu pada daging babi rebus yang diberi nama sesuai nama penyair terkenal abad ke-11. Kemudian, susu ditambahkan ke minuman sebelum disiram dengan lebih banyak saus daging babi.

  1. Kopi ASI

Sebuah kafe di Kota Perm Rusia sempat menuai sorotan setelah mengumumkan rencana untuk memperkenalkan menu kopi susu yang mengandung air susu ibu (ASI). ASI bakal digunakan sebagai bahan untuk produk kopi seperti latte dan cappucino. 

Usai viral, otoritas kafe tersebut mengakui bahwa narasi tersebut hanyalah promosi semata dan mereka tidak benar-benar menggunakan ASI dalam produk kopi susunya. Alih-alih ASI, kafe itu menawarkan minuman kopi dengan campuran susu kambing dan almond.

BACA JUGA: Unik, Glamping Kapal Selam Ini Ternyata Bekas Sekoci Kapal Tanker

  1. Kopi kecap

Kopi kecap merupakan salah satu kopi yang viral di Indonesia. Salah satu kedai kopi di Jogja pernah merilis menu kopi durian kecap pada 2020 lalu dan menghebohkan masyarakat.

Menu ini disajikan sebagai minuman dingin. Meski tampaknya perpaduannya tidak biasa, namun minuman ini memiliki rasa yang unik dan cocok.

Demikian penjelasan lima racikan kopi aneh yang sempat viral. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kini Sertifikat dan Notifikasi Imunisasi Dapat Diakses secara Digital

News
| Senin, 20 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement