Advertisement

India Punya Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Muat 235 Orang Sekaligus

Lajeng Padmaratri
Kamis, 18 April 2024 - 12:07 WIB
Lajeng Padmaratri
India Punya Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Muat 235 Orang Sekaligus Lift penumpang terbesar di dunia ada di gedung Jio World Center India yang bisa menampung 235 penumpang sekali jalan. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, MUMBAI—Sebuah gedung di Mumbai, India memiliki lift penumpang terbesar di dunia. Tak tanggung-tanggung, lift seukuran apartemen studio itu mampu mengangkut 235 orang sekaligus.

Lift penumpang itu terletak di dalam gedung Jio World Center, Mumbai. Lift yang sudah dipasang sejak 2022 oleh perusahaan elevator Finlandia, KONE, itu memiliki berat 16 ton.

Advertisement

BACA JUGA: Pria Amerika Pecahkan Rekor Setelah Lakukan 26 Ribu Squat Selama 24 Jam

Dilansir dari Oddity Central, lift jumbo itu dirancang untuk melayani sekelompok besar orang yang akan menghadiri pernikahan atau pameran di gedung yang sering disewa untuk berbagai acara itu. Lift ini berukuran 25,78 meter persegi dan menawarkan pemandangan kompleks dan tamannya yang indah.

Karena ukurannya yang sangat besar, elevator penumpang terbesar di dunia ini mengandalkan sistem balok katrol inovatif yang terdiri dari 18 katrol besar, 9 kabel baja, dan rel yang dipasang di atas kolom baja. Lift itu memiliki pintu kaca empat panel yang unik, serta dinding kaca menawarkan pemandangan panorama, dan langit-langit bertabur kristal.

BACA JUGA: Republik Chechnya Melarang Musik dengan Irama yang Terlalu Cepat atau Lambat

“Ini memiliki pintu bukaan tengah 4 panel yang unik dan dinding kaca yang menawarkan pemandangan indah ke sekeliling. Ada dua layar info yang menawarkan berita dan pembaruan bangunan. Desain interiornya sesuai dengan tema teratai yang menjadi inti dekorasi Jio World Center," ungkap Managing Director KONE Elevators India, Amit Gossain dikutip dari Bussines Today.

Lift ini hanya bergerak antara lima lantai, dengan kecepatan 1 meter per detik. Uniknya lagi, lift pemecah rekor ini juga dilengkapi dua sofa nyaman untuk tempat beristirahat penumpang.

Belum terungkap harga elevator yang dirancang khusus ini. Di dalam Jio World Center ini terdapat 188 lift kelas dunia, tetapi lift paling megah dan dapat memuat banyak orang hanya lift buatan KONE tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement