Advertisement

Makna dan Sejarah Telur Paskah, Simbol Kebangkitan Yesus Kristus

Taufan Bara Mukti
Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Makna dan Sejarah Telur Paskah, Simbol Kebangkitan Yesus Kristus Sejarah dan makna telur Paskah yang dihias warna-warni - Reuters.

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Telur menjadi salah satu benda yang identik dengan perayaan Paskah tiap tahun. Telur Paskah akan dihias dengan ornamen warna-warni sebelum dibagikan kepada anak-anak

Telur yang dihias dan dicat warna-warni identik dengan perayaan itu merupakan tradisi dan budaya itu sudah ada sejak beberapa abad lalu.

Advertisement

Bagi anak-anak, momen berburu telur Paskah menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Biasanya, anak-anak akan diminta mencari telur rebus yang telah dihias dan disembunyikan.

BACA JUGA: Gereja Ganjuran Bantul Ingatkan Umat yang Sakit Pakai Masker saat Misa Tri Hari Suci

Anak yang bisa mengumpulkan telur paling banyak akan menjadi pemenang. Lalu, bagaimana telur bisa menjadi hal yang identik dengan Hari Paskah?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejarah dan makna telur Paskah:

Sejarah dan Makna Telur Paskah

Dilansir dari Country Living, telur Paskah mulanya berhubungan dengan tradisi Paganisme. Kaum Pagan menjadikan telur sebagai simbol kesuburan dan kehidupan baru.

Saat musim semi tiba, kaum Pagan menggelar Festival Eostre dengan kelinci dan telur. Kelinci juga menjadi simbol kesuburan karena beranak banyak pada musim semi.

Tradisi tersebut terus berlangsung hingga agama Kristen menyebar di Eropa. Festival Eostre pun digabung dengan peringatan kebangkitan Kristus.

Telur sudah menjadi dekorasi wajib saat momen Paskah sejak abad ke-13. Hingga kini, telur hias masih menjadi tradisi Paskah meski telah mengalami perkembangan.

Makna Telur Paskah

Dikutip dari History, arti telur paskah adalah sebuah simbol kehidupan baru. Dari perspektif Kristen, telur Paskah dikatakan sebagai kebangkitan Yesus dari kubur.

Cangkang telur yang keras melambangkan dinding batu makam Yesus. Kegiatan memecah cangkang, bagi umat Kristiani adalah simbol pengingat kebangkitan Yesus dari kematian.

Pun dengan tradisi menggulung telur Paskah yang merupakan lambang dari penggulingan batu di luar makam Yesus di Yerusalem.

Mulanya telur Paskah dicat dengan warna merah sebagai lambang darah Yesus yang rela mengorbankan diri di kayu salib.

Seiring berjalannya waktu, telur Paskah mulai dihias dengan berbagai warna seperti polkadot dan metalik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Marak Pengguna Mobil Dinas TNI Arogan di Jalan, Puspom: Jangan Langsung Percaya, Laporkan!

News
| Rabu, 17 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement