Advertisement

Resep Menu Sahur Kenyang Tahan Lama

Maya Herawati
Sabtu, 09 Maret 2024 - 14:17 WIB
Maya Herawati
Resep Menu Sahur Kenyang Tahan Lama Nasi merah dan sayuran menu sahur kenyang tahan lama. / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Di bulan puasa, resep menu sahur yang mengenyangkan tahan lama menjadi prioritas. Perlu diketahui, tidak semua makanan mampu menahan rasa kenyang lebih lama.

Anda harus memilih jenis-jenis makanan yang penuh energi serta mampu membuat kenyang lebih lama dari resep beragam masakan sahur.

Advertisement

Jenis makanan yang menjadi sumber energi dan mengenyangkan lebih lama adalah karbohidrat kompleks.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) asupan karbohidrat harus mencapai 45%-65% dari kalori harian dan sebagian besar karbohidrat tersebut harus berasal dari sumber karbohidrat kompleks yang sehat. Adapun karbohidrat kompleks umumnya ditemukan dalam jenis makanan berikut ini:

- Nasi merah

- Jelai

- Soba

- Gandum

- Quinoa

- Bulgur

- Apel

- Beri

- Pisang

- Brokoli

- Sayuran berdaun hijau

- Kentang

- Ubi

- Jagung

- Asparagus

- Zucchini

- Lentil

- Kacang merah

- Buncis

- Kacang polong

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah bisa Anda padukan dengan lauk pauk dan sayuran untuk menambah energi. Berikut ini resep menu sahur yang praktis, penuh energi yang bisa dipadukan dengan jenis karbohidrat kompleks agar Anda kenyang lebih lama saat berpuasa seperti dikutip dari website Mamasuka:

Resep Tumis Ayam Jagung

Cara membuatnya: Peras jeruk nipis di seluruh ayam dan bersihkan setelah 10 menit. Tumis bawang putih dan merah, cabai merah, dada ayam dan jahe sampai ayam berubah warna, lalu tumis jagung manis dan sedikit air hingga berubah warna.  Masukkan kecap manis, saus cabai, saus tiram dan merica bubuk, aduk dan masak hingga mengental.

Resep Lauk Telur Gulung

Selain di stok lama, kandungan protein pada telur pun baik untuk menambah energi.

Cara membuatnya: Kocok telur bersama dengan buncis, wortel, daun bawang, dan garam merata. Tuang sedikit minyak ke dalam wajan, lalu masukkan 1 sendok sayur adonan telur, setelah matang, gulung dan potong telur sesuai selera.

BACA JUGA: Lima Resep Simpel untuk Sahur Puasa Ramadan Kaya Gizi dan Satset

Resep Ca Tauge Ikan Asin

Kandungan omega-3 pada tauge mampu menambah konsentrasi Anda.

Cara membuatnya: Goreng setengah matang potongan tahu dan ikan asin, lalu tiriskan. Tumis bumbu  iris (4 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 cabai rawit merah, 1 tomat merah), tahu, kacang panjang dan sedikit air sampai harum. Taburkan merica, kaldu jamur, saus tiram dan gula pasir secukupnya. Setelah itu, masak juga tauge, daun bawang dan ikan asin.

Resep Udang Goreng Asam Manis

Kandungan zat besi pada udang sangat berguna untuk menambah energi.

Cara membuatnya: Untuk bumbu, haluskan bawang putih, haluskan, ¼ merica bubuk, ¼  sdt cabai bubuk, garam, air dan penyedap rasa secukupnya. Rendam udang dalam bumbu (10 menit). Buat adonan dari tepung terigu dan tepung beras. Celupkan udang berbumbu ke dalam tepung.

Lalu, tabur garam ke dalam telur dan kocok. Celupkan udang tadi ke dalam adonan telur hingga telur merata. Terakhir, gulirkan udang ke tepung roti dan goreng dengan api kecil hingga matang.

Banana Shake Smothie

Cara membuatnya: Pertama, blender satu pisang, setengah potong jeruk, yoghurt (optional), dan susu atau air hingga halus. Jika ingin dingin, masukkan es secukupnya. Kamu bisa mengganti jeruk dengan buah lain seperti manga, nanas atau beri dan  tambahkan chia seed untuk topping agar rasa kenyang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Dari berbagai sumber

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan NasDem Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Anies Bilang Begini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement