Advertisement

Hari Jadi Ke-5, Menyala FC Mantapkan Diri sebagai Fotoball Club yang Menyenangkan bagi Semua Kalangan

Media Digital
Jum'at, 08 Maret 2024 - 16:07 WIB
Maya Herawati
Hari Jadi Ke-5, Menyala FC Mantapkan Diri sebagai Fotoball Club yang Menyenangkan bagi Semua Kalangan Full Team Menyala FC di Stadion Pancasila UGM_Juli 2023. - ist - Menyala FC

Advertisement

JOGJA—Lazimnya kepanjangan dari FC pada sebuah nama klub sepakbola adalah Football Club. Kepanjangan tersebut tidak berlaku bagi Menyala FC. “FC di sini berarti Fotoball Club,” ungkap Ridwan Kurniawan, Ketua Menyala FC, dalam keterangan tertulis, Jumat (8/3/2023).

Ketua yang telah memasuki tahun ke-2 kepemimpinannya itu menyampaikan Hari Jadi ke-5 Menyala FC akan dirayakan di Maguwoharjo Football Park, Sabtu (9/3/2024) petang.

Advertisement

Sesuai namanya, fotografer merupakan sosok yang tak pernah ketinggalan pada setiap matchday yang digelar.

“Ini sebetulnya komunitas foto-foto berkedok sepakbola,” kata Ridwan setengah bercanda. Matchday Menyala FC sendiri rutin digelar setiap akhir pekan. Adapun jenis pertandingannya bergantian antara minisoccer, futsal maupun sepakbola lapangan besar.

Namun pria yang akrab disapa Nawan Boners tersebut mengakui bahwa minisoccer menjadi yang paling diminati anggotanya yang kini mencapai lebih dari 100 orang.

Karena mengutamakan kesenangan, skill dalam bermain sepakbola bukanlah hal utama yang ditonjolkan. “Slogan kami adalah foto-foto nomor satu skill nomor sewu (seribu),” kata Ridwan.

BACA JUGA: Tok! Komdis PSSI Beri Sanksi Wahyudi Hamisi Larangan 3 Kali Pertandingan

Ia menduga hal itulah yang membuat Menyala FC bertahan, bahkan terus bertambah anggotanya. Latar belakangnya pun beragam, mulai dari karyawan swasta, pelaku usaha, dosen, dokter, petugas hingga aparat keamanan tak ragu bergabung.

Selain itu, anggota Menyala FC juga datang dari berbagai usia. Remaja hingga dewasa usia di atas 40 tahun semuanya ada. Tidak ada syarat khusus bagi siapapun yang ingin bergabung. “Yang penting punya komitmen untuk bersenang-senang sambil main bola,” jelas Ridwan.

Ia juga tidak memungut iuran rutin, hanya iuran yang dibayarkan saat anggotanya bermain. Iuran itu digunakan untuk membayar sewa lapangan, support gizi berupa buah dan air mineral bagi anggota yang bertanding, serta peremajaan perlengkapan inventaris tim.

Keanggotaan Menyala FC seperti saat ini tidak diraih dalam waktu sekejap. Sylva Haryosaputro, salah seorang sosok di balik berdirinya Menyala FC menceritakan sejarah terbentuknya. “Awalnya namanya U-20 FC,” jelas pria yang akrab dipanggil Yoyok itu.

Nama inipun bukan under 20 (usia di bawah 20 tahun), tapi up 20 (usia di atas 20 tahun). Kelompok ini didirikan oleh karyawan salah satu pusat studi di Universitas Gadjah Mada (UGM). Perlahan banyak orang dari luar instansi yang tertarik bergabung. Nama pun di-rebranding menjadi Menyala FC dengan semangat menyatukan langkah semua anggotanya untuk menjalankan hobi bersama-sama.

Pria yang menjabat bendahara di Menyala FC ini menjelaskan bahwa selain bermain sepakbola, terdapat kegiatan lain yang dilakukan, seperti arisan bulanan. “Hitung-hitung hasilnya bisa dipakai untuk beli sepatu bola para anggota,” jelas Yoyok.

Nominalnya pun tidak banyak sehingga tidak memberatkan anggotanya. Selain arisan, ada hal positif lain yang dilakukan seperti pengumpulan donasi untuk tragedi kemanusiaan di Palestina. Dana yang terkumpul pun sudah disalurkan melalui lembaga yang berwenang.

Selain di lapangan, interaksi juga terjalin melalui grup Whatsapp. Pengumuman-pengumuman penting selalu disampaikan lewat aplikasi pesan ini. Tak hanya pengumuman, grup biasanya riuh tiap menjelang atau setelah pertandingan sepakbola liga-liga dunia. “Selain latar belakang yang beragam, klub idola para ‘warga’ Menyala FC juga variatif,” jelas Yoyok, pria yang kebetulan mengidolakan Arsenal ini.

Terlalu dini untuk menyatakan bahwa Menyala FC sebagai komunitas sepakbola yang sempurna. Evaluasi senantiasa digelar para pengurus setiap ada isu atau wacana yang berkembang. Pada usia ke-5 ini Menyala FC berupaya menjadi wadah penyaluran minat anggota dalam bermain sepakbola. Tidak perlu khawatir cedera saat bermain karena pemain yang bermain ngotot apalagi sampai mencederai lawan mainnya justru akan disoraki oleh pemain lainnya. Jadi, jika tertarik untuk bersenang-senang bersama Menyala FC, silahkan intip dulu keseruannya di media sosial dengan tagar #MENYALAFC. (***)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement