Advertisement

Lomba Unik di Jerman, Ada Kompetisi Bagi Pengemudi Truk Forklift

Lajeng Padmaratri
Rabu, 06 Desember 2023 - 19:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Lomba Unik di Jerman, Ada Kompetisi Bagi Pengemudi Truk Forklift Di Jerman, ada kompetisi bagi pengemudi truk forklift. - Oddity Central/Facebook

Advertisement

Harianjogja.com, ASCHAFFENBURG—Jerman jadi tuan rumah sebuah kompetisi unik. Di sana, ada Stapler Cup atau Piala Stapler, sebuah acara bagi pengemudi truk forklift dari seluruh dunia yang ditantang untuk memperebutkan gelar operator forklift terbaik dunia.

Forklift atau truk garpu merupakan truk industri. Alat bantu ini biasanya hanya digunakan untuk jarak pendek, seperti di dalam ruangan atau di dalam area pabrik saja.

Advertisement

BACA JUGA: Heboh, Ada Penjual Es Krim Keliling Pakai Truk dengan Panel Surya

Rupanya, profesi pengemudi truk ini difasilitasi untuk ikut sebuah kompetisi mengemudi forklift dan mendapat tantangan. Mengemudi forklift yang kompetitif mungkin tidak terdengar seperti acara kompetitif paling menarik di dunia, namun Piala Stapler rupanya dikemas semenarik mungkin.

Melansir Oddity Central, acara tahunan yang diselenggarakan oleh produsen forklift terkemuka di dunia, Linde Materials and Handling (Linde MH), ini tidak hanya dianggap sebagai ujian akhir bagi operator forklift bersertifikat, melainkan juga sebagai acara hiburan yang menarik puluhan ribu penonton.

Ribuan pengemudi forklift berusaha untuk lolos ke Stapler Cup di ajang nasional, jadi hanya yang terbaik yang bisa menunjukkan keahlian mereka di panggung besar dalam serangkaian tes yang bertujuan untuk mendorong bakat, koordinasi, dan refleks mereka hingga batasnya.

Piala Stapler ini dirintis pertama kali pada 1992. Kala itu, Steufert, pengemudi forklift berbakat di perusahaan itu berkolaborasi dengan manajer pemasaran menciptakan lapangan rintangan bagi pengemudi forklift.

BACA JUGA: Unik, Ada Kompetisi Merapikan Tempat Tidur di China

Dalam 10 tahun dia bekerja di perusahaan itu, Steufert menjadi terkenal karena kehebatannya mengemudi forklift dan aksinya dalam menjawab tantangan yang menguji keterampilannya. Misalnya, menggunakan garpu di truk itu untuk memasang lubang tali kawat tipis di sekeliling isi ulang pulpen.

Kota Aschaffenburg di Bavaria adalah rumah bagi Piala Stapler. Di sinilah puluhan tim operator forklift dari seluruh dunia berkumpul untuk ujian akhir mereka. Hingga tahun 2007, ajang ini hanya diperuntukkan bagi para master forklift Jerman, namun mulai tahun itu, penyelenggara menambahkan kejuaraan beregu Eropa, yang kemudian menjadi acara global.

Kejuaraan mengemudi forklift dirancang seperti acara olahraga yang disiarkan televisi di mana para pesaing memamerkan bakat mereka. Beberapa tantangan yang perlu diatasi termasuk menumpuk peti hingga presisi milimeter, mengangkut kapal berisi cairan tanpa ada tumpahan, dan melakukan manuver melalui jalur yang sangat ketat, sambil berusaha mendapatkan waktu terbaik. Ini adalah tontonan yang sangat menarik untuk ditonton, bahkan bagi mereka yang tidak mengemudi forklift.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement