Advertisement

Punya 38 Gigi, Wanita India Pecahkan Rekor Pemilik Gigi Terbanyak di Dunia

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 01 Desember 2023 - 16:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Punya 38 Gigi, Wanita India Pecahkan Rekor Pemilik Gigi Terbanyak di Dunia Kalpana Balan, perempuan dengan gigi terbanyak di dunia menurut Rekor Dunia Guinness. - Ist. Guinness World Records

Advertisement

Harianjogja.com, DELHI—Seorang wanita India berusia 26 tahun dengan 38 gigi di mulutnya telah memecahkan Rekor Dunia Guinness.

Perempuan bernama Kalpana Balan itu kini memegang rekor jumlah gigi terbanyak di mulut wanita, melampaui jumlah gigi orang dewasa pada umumnya sebanyak enam gigi. Pasalnya, rata-rata gigi pada orang dewasa berjumlah 32 gigi.

Advertisement

BACA JUGA: Duh, Baru 2,8% Masyarakat Indonesia yang Menyikat Gigi dengan Benar

Melansir NDTV dari Guinness World Record, ibu satu anak ini memiliki empat gigi ekstra mandibula (rahang bawah) dan dua gigi ekstra rahang atas. Di masa remajanya, Kalpana mengalami pertumbuhan gigi tambahannya secara bertahap.

Meski tidak merasakan sakit, ia menghadapi tantangan dalam makan karena makanan seringkali tersangkut di antara gigi tambahannya. Ketika orang tuanya menemukan gigi tambahan ini, mereka terkejut dan merekomendasikan agar dia menjalani cabut gigi.

Namun, dokter gigi Kalpana menyarankan agar dia menunggu hingga giginya tumbuh lebih besar karena tidak mudah dicabut. Perempuan itu pun memutuskan untuk mempertahankan giginya, bahkan setelah semuanya tumbuh sempurna, karena dia takut menjalani prosedur cabut gigi ini. 

Rupanya, kondisinya yang memiliki 38 gigi di dalam mulutnya membuatnya mendapatkan rekor dunia. Setelah mencapai prestasi tersebut, Kalpana mengatakan bahwa ia senang dengan prestasi tersebut. "Ini adalah pencapaian seumur hidup saya,” ujarnya.

BACA JUGA: Koki Ini Masak 100 Jam Nonstop demi Pecahkan Rekor Dunia

Diperkirakan, Kalpana mungkin dapat memperpanjang rekornya di masa depan karena saat ini ada dua giginya yang belum ditambal. 

Sementara rekor wanita dipegang olehnya, pemegang rekor pria untuk gelar ini adalah Evano Mellone dari Kanada, yang memiliki total 41 gigi. 

“Istilah medis dari adanya gigi berlebih adalah hyperdontia atau polydontia. Hingga 3,8% populasi dunia memiliki satu atau lebih gigi supernumerary. Hyperdontia merupakan akibat dari tidak berfungsinya proses pembentukan gigi, meski penyebab pastinya belum diketahui. Diperkirakan bahwa gigi supernumerary berkembang dari tunas gigi tambahan yang muncul di dekat tunas gigi biasa, atau mungkin dari pemisahan tunas gigi biasa,” lapor Rekor Dunia Guinness.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : NDTV

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement