Advertisement

Buah Nanas Kaya Manfaat, Ternyata Ada Efek Sampingnya Juga

Newswire
Selasa, 28 November 2023 - 17:47 WIB
Maya Herawati
Buah Nanas Kaya Manfaat, Ternyata Ada Efek Sampingnya Juga Nanas / Freepik

Advertisement

Harianjogja,com, JAKARTA—Buah nanas dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang dan membantu pencernaan. Nanas dapat menjadi bagian dari menu makanan, sebagai camilan lezat, kudapan manis setelah makan, smoothie, atau bahkan makanan yang dipanggang.

Dikutip dari Pinkvilla, buah nanas yang memiliki banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan ini ternyata juga memiliki efek samping ketika dikonsumsi. Berikut ini merupakan efek samping makan nanas:

Advertisement

Reaksi Alergi

Nanas dikenal memiliki sifat pelunak daging sehingga enzim ini dapat melunakkan serat otot. Namun, enzim ini dapat memicu reaksi alergi yang dapat bervariasi dari ringan hingga berat, terutama yang mempengaruhi kulit atau sistem pencernaan.

Gejala yang paling sering diamati termasuk gatal-gatal, ruam, gatal, dan bengkak, dan beberapa reaksi yang parah dapat menyebabkan sesak napas, rinosinusitis kronis, nyeri dada, dan tekanan darah rendah.

Nanas mengandung enzim lain yang disebut profilin yang dapat memicu alergi lateks pada beberapa individu. Gejala-gejala ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, tetapi jika memburuk segera periksakan dengan dokter.

Perut Tidak Nyaman

Nanas mengandung konsentrasi yang kaya akan vitamin C. Para peneliti telah menyatakan bahwa konsumsi vitamin C dalam jumlah yang lebih tinggi dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti mual, kram perut, atau mulas.

Toksisitas

Konsumsi nanas yang telah matang, karena nanas yang masih mentah selain rasanya yang tidak enak juga bisa sangat beracun bagi manusia.

Ada beberapa penelitian pada hewan yang melaporkan jika mengonsumsi nanas mentah akan menyebabkan tenggorokan gatal, sakit perut, diare parah, dan muntah-muntah.

Pendarahan

Ada penelitian pada manusia yang menyatakan bahwa bromelin, salah satu kandungan dari nanas menyebabkan risiko pendarahan.

Oleh karena itu, dokter menyarankan untuk menghindari nanas selama kehamilan, penyakit hati atau ginjal, dan seminggu sebelum prosedur gigi atau operasi. Pasien yang menderita penyakit darah atau pendarahan harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi nanas dan mempertimbangkannya hanya setelah memulai dengan obat-obatan.

Kerusakan Gigi

Nanas mengandung enzim dan gula yang berbeda yang dapat memicu efek desensitisasi pada gigi atau menyebabkan kerusakan gigi. Buah yang tidak diragukan lagi kelezatannya, nanas memiliki keasaman yang tinggi yang dapat meluruhkan lapisan luar gigi melalui proses kimiawi secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama.

Jadi, konsumsi nanas yang berlebihan tanpa memperhatikan kebersihan mulut yang tepat dapat mempengaruhi penampilan dan kualitas gigi Anda.

Peningkatan Kadar Gula Darah

Nanas mengandung glukosa dan sukrosa dalam jumlah yang tinggi, yang merupakan karbohidrat sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh.

Oleh karena itu, konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, terutama pada pasien pra-diabetes dan diabetes. Sehingga, sebagian besar pasien diabetes diminta untuk membatasi nanas atau jenis buah apa pun karena mengandung kadar karbohidrat sederhana yang tinggi yang berpotensi memodulasi kadar gula darah.

BACA JUGA: TikTok Shop Ingin Kembali Jualan, Menkop: Boleh Merger Asal Tidak Jual Rugi

Masalah Ginjal

Nanas merupakan sumber yang kaya akan kalium, mineral yang dapat menimbulkan beberapa risiko kesehatan bagi orang yang menderita penyakit ginjal kronis. Kandungan kalium disaring oleh ginjal pada individu yang sehat.

Namun, pada pasien dengan masalah ginjal, organ mereka terlalu lemah untuk secara efisien mengeluarkan kalium yang berlebihan yang mengakibatkan hiperkalemia, akumulasi kadar mineral yang tinggi dalam serum darah.

Meskipun memiliki sejumlah efek samping, buah ini sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari dengan tetap memperhatikan nilai tunjangan harian tergantung pada jenis kelamin dan kondisi kesehatan Anda. Sebagai gudangnya mineral, vitamin, dan serat makanan, ada banyak manfaat kesehatan yang luar biasa dari nanas jika dikonsumsi secara teratur. (Sumber: Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement