Advertisement

Mampu Raih Puluhan Juta Rupiah Perbulan, Selebgram Ini Ternyata Model AI

Lajeng Padmaratri
Minggu, 26 November 2023 - 16:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Mampu Raih Puluhan Juta Rupiah Perbulan, Selebgram Ini Ternyata Model AI Aitana, model kebugaran virtual yang ternyata hasil kecerdasan buatan atau AI. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, BARCELONA—Seorang model di Instagram bernama Aitana Lopez alias Fit Aitana mampu menghasilkan pendapatan bulanan lebih dari $4.000 atau sekitar Rp62 juta. Jumlah fantastis itu rupanya dihasilkan oleh seseorang yang tidak nyata.

Aitana merupakan model kebugaran virtual besutan artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Meski demikian, di akun Instagram-nya, ia tampak realistis dengan wajah rupawan dan rambut merah muda seperti model betulan.

Advertisement

Model virtual telah ada selama beberapa tahun, dan munculnya kecerdasan buatan menjadikannya lebih realistis dan populer.

BACA JUGA: Tips Pakai Instagram Bisa Datangkan Uang

Kini, ia memiliki lebih dari 136.000 pengikut di Instagram. Dia hanya memposting foto dirinya, karena video cenderung membuat bentuk digitalnya terlihat terlalu mencolok. Kendati demikian, setiap fotonya mendapatkan puluhan ribu suka dan ratusan komentar. Popularitasnya telah menghasilkan pendapatan bulanan yang stabil bagi penciptanya, yang mengklaim bahwa ia menghasilkan lebih dari 4.000 euro per bulan.

Aitana Lopez adalah gagasan dari agen komunikasi The Clueless yang berbasis di Barcelona. Manajemennya memutuskan untuk berinvestasi dalam model virtual karena tingginya biaya yang terkait dengan penggunaan model nyata, seperti biaya perjalanan dan akomodasi.

Sebaliknya, Aitana bisa ‘berada di mana saja dan kapan saja’, dan meskipun biaya untuk menciptakannya tinggi, dia sudah mulai mendapatkan penghasilan.

The Clueless secara terbuka memasarkan layanannya di situs webnya, memungkinkan klien menggunakan model yang dihasilkan AI untuk tujuan pemasaran, dan Aitana tampaknya sukses besar. Tidak hanya dia menarik, namun agensi tersebut memastikan penampilan, gaya fesyen, dan kepribadiannya secara keseluruhan sesuai dengan tren online saat ini, sehingga memastikan popularitasnya di platform media sosial seperti Instagram. Hanya dalam empat bulan, dia sudah memiliki lebih dari 110.000 pengikut di jejaring sosial populer.

Salah satu hal yang membedakan Aitana dari semua model AI lainnya yang akhir-akhir ini membanjiri media sosial adalah penampilannya yang mirip manusia. Beberapa platform AI dapat menghasilkan model manusia yang menakjubkan, namun masalahnya adalah sebagian besar dari mereka terlihat terlalu sempurna.

BACA JUGA: Pengelola Danau di China Gunakan AI untuk Mengidentifikasi Spesies Burung

Sementara itu, The Clueless sebenarnya berusaha menambah kelemahan fisik pada Aitana. Kadang-kadang mereka menambahkan kerutan. Di lain waktu mereka membuatnya tampak seperti dia tidak menyisir rambutnya, semua untuk membuatnya tampak lebih manusiawi.

“Kami memperburuknya sehingga hasilnya tidak begitu sempurna. AI berkembang pesat dalam gambar yang sempurna, kami melakukan yang sebaliknya,” kata tim The Clueless dikutip dari Oddity Central.

“Pertama, kami tidak membiarkan kulit begitu mulus. Jika kami menunjukkan kepada Anda foto bagaimana hal itu dihasilkan oleh AI, Anda akan tahu bahwa kulit itu tidak ada.”

Aitana Lopez hanyalah salah satu dari beberapa model virtual yang dibuat oleh The Clueless. Lembaga tersebut percaya bahwa AI akan memainkan peran besar di masa depan pemodelan dan pembuatan konten, karena AI menawarkan tingkat spesialisasi yang tidak mungkin dicapai dengan model manusia. Dengan cara ini, merek dapat memiliki model sempurna yang disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement