Advertisement

Menteri PPPA: Konten Kreator Terus Berkarya dan Hasilkan Program Anak Berkualitas

Newswire
Sabtu, 18 November 2023 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Menteri PPPA: Konten Kreator Terus Berkarya dan Hasilkan Program Anak Berkualitas Ilustrasi Media Sosial / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Guna memperkaya pengetahuan anak dengan informasi yang sehat, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengajak para konten kreator untuk menghasilkan program-program anak yang berkualitas.

"Saya mengajak para konten kreator untuk terus berkarya menghasilkan program-program anak yang berkualitas dan menjadi media informasi yang sehat bagi anak," kata dia dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (18/11/2023).

Advertisement

Baca Juga: Ini 10 Konten Kreator dengan Penghasilan Tertinggi, Paling Besar Tembus Rp823 Miliar

Menurut dia, konten ramah anak yang sehat dan positif penting digaungkan di tengah perkembangan teknologi saat ini. Penyebarluasan konten ramah anak dapat menjadi penyeimbang informasi tidak layak yang banyak beredar dan mudah diakses oleh anak, mengingat dalam salah satu pasal Konvensi Hak Anak dan Undang-Undang Perlindungan Anak disebutkan bahwa anak memiliki hak untuk mendapatkan informasi yang layak anak.

Baca Juga: Tangkal Politisasi SARA Jelang Pemilu 2024, Konten Kreator di DIY Dikerahkan

Dia mengatakan saat ini penyebarluasan informasi tidak terbatas pada media massa, seperti televisi, radio, koran, ataupun majalah. Media yang digunakan untuk menyediakan maupun mengakses informasi jauh lebih beragam, salah satunya YouTube. 

"Kepopuleran YouTube di dunia anak-anak tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, kami mengapresiasi YouTube Indonesia dalam upayanya memenuhi hak anak atas informasi yang layak melalui program-program yang khusus didedikasikan untuk anak, seperti YouTube Kids dan program-program untuk anak lainnya," katanya.

Baca Juga: Sri Mulyani Ingatkan Konten Kreator Rajin Bayar Pajak

Menurut dia, penyediaan informasi yang bernuansa positif dan bermanfaat bagi tumbuh dan kembang anak dapat mencegah timbulnya berbagai isu anak, seperti pornografi, sadisme, radikalisme, dan kekerasan, termasuk kekerasan seksual.

"Memperoleh informasi yang layak adalah hak anak. Hak anak adalah hak asasi manusia yang harus dilindungi dan harus dipenuhi oleh negara, orang tua, masyarakat, dan seluruh pihak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement