Advertisement

Viral, WNI 61 Tahun Selesaikan Spartathlon Ultra RACE dengan Jarak Tempuh 246 Km

Hesti Puji Lestari
Rabu, 04 Oktober 2023 - 19:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Viral, WNI 61 Tahun Selesaikan Spartathlon Ultra RACE dengan Jarak Tempuh 246 Km Maryanto, lansia asal Indonesia di Spartathlon Ultra RACE 2023

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 61 tahun berhasil selesaikan Spartathlon yang digelar di Athena.

Dilansir dari video viral yang beredar dia adalah Maryanto, lansia berusia 61 tahun yang berhasil menempuh jarak 246 km hanya dalam waktu 18 jam, 56 menit dan 38 detik.

Advertisement

Spartathlon Ultra RACE 2023 mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Sebab cabang olahraga ini tidak dipertandingan di beberapa event, termasuk SEA Games atau Asian Games.

Akan tetapi di Yunani, cabang olahraga ini termasuk seni kuno yang pantas dipertahankan karena masih memiliki banyak peminat dari seluruh penjuru dunia.

Sesuai dengan namanya, Spartathlon Ultra RACE 2023 mengharuskan para peserta berlari dari Athena menuju Sparta dengan jalur sejauh 246 kilometer, dalam kurun waktu 36 jam saja.

Pada tahun 2023 ini, ada dua nama orang Indonesia yang ikut serta, dia adalah Maryanto (61 tahun) dan Junita (37 tahun).

Akan tetapi, Maryanto jadi perbincangan lantaran videonya viral di media sosial. Detik-detik Maryanto mencapai garis finish begitu dramatis.

Menjelang akhir perlombaan, Pak Yanto yang sudah tidak muda ini bahkan sampai harus berjalan dengan postur miring. Tampaknya tubuhnya sudah memintanya istirahat, namun semangatnya untuk menyelesaikan lomba ini membuatnya bertahan.

Maryanto kemudian menerima penghargaan dari panitia dan berfoto sambil dengan bangga memengang bendera merah putih di tanah Yunani. Tapi tahukah kamu, Maryanto ternyata bukan orang sembarangan. 

Profil Maryanto

Maryanto memiliki nama dan gelar lengkap H. Sardjimin Maryanto. Dia merupakan pendiri Lembaga Seni Pernapasan (LSP) Satria Nusantara. 

Sesuai dengan namanya, Lembaga Seni Pernapasan (LSP) Satria Nusantara mengajarkan seni pernapasan tubuh untuk menunjang kesehatan.

Dalam latihan pernapasan, anggota diajarkan beragam jurus Satria Nusantara.

Setiap jurus diberikan secara bertahap, dimulai dari gerakan pra dasar, dasar, Pengendalian Halus (PH) jurus 1-10, Gabungan jurus 1-7, Pengendalian Keras (PK) jurus 1-10, Gabungan Pengendalian Keras (GPK) jurus 1-4 dan Penjuru jurus 1-10.

Keberhasilan Maryanto ini membuat netizen geger dan mengatakan akan berguru dengan beliau di Lembaga Seni Pernapasan (LSP) Satria Nusantara. Selamat Pak Yanto!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement