Advertisement

10 Bandara Ini Terluas dan Terbesar di Dunia, Arab Saudi Memimpin

Kresensia Kinanti
Selasa, 05 September 2023 - 15:17 WIB
Maya Herawati
10 Bandara Ini Terluas dan Terbesar di Dunia, Arab Saudi Memimpin Bandara Dubai/JIBI - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Bandara telah menjadi bagian penting dari ekonomi global dan merupakan cara paling populer untuk melakukan perjalanan jarak jauh ke tempat tujuan dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan kereta api, jalan raya, atau jalur air.

Karena itu, bandara merupakan salah satu infrastruktur terpenting bagi sebuah negara sebagai jalan pintu masuk dan keluar dengan negara lain.

Advertisement

Sebagai infrastruktur terpenting, beragam konsep dihadirkan oleh negara-negara di dunia untuk memperindah bandaranya. Selain itu, luas bandara juga menjadi daya tarik bagi dunia, khususnya para wisatawan.

Ini 10 bandara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah daratnya:

1. King Fahd International Airport (DMM) — Dammam, Arab Saudi — 776 km2 (299.61 mi2)

Terletak di Dammam, Arab Saudi, Bandara Internasional King Fahd memiliki luas hampir 300 mil persegi dan merupakan bandara terbesar di dunia. Bandara ini dulunya merupakan pangkalan udara AS selama Perang Teluk, tetapi penerbangan komersial mulai beroperasi pada tahun 1999.

Bandara King Fahd memiliki dua landasan pacu dan tiga gedung terminal, satu untuk karyawan, satu untuk penumpang umum, dan satu lagi untuk keluarga kerajaan Arab Saudi. Rute tersibuknya adalah menuju dan dari Dubai.

Terminal utama dilengkapi dengan toko-toko souvenir, restoran, kafetaria, dan bank. Sedangkan terminal kerajaan dilengkapi dengan perabotan yang mewah, meskipun jarang digunakan.

2. Denver International Airport (DEN) – Denver, CO Amerika Serikat – 135,7 km2 (53,09 mi2)

Bandara Internasional Denver adalah bandara terbesar kedua di dunia dan terbesar di Amerika Serikat. Luasnya lebih dari 33.000 hektar (53 mil persegi) dan memiliki salah satu landasan pacu terpanjang di dunia, dengan panjang 16.000 kaki (tiga mil).

Bandara ini juga merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia dan merupakan hub internasional yang melayani 25 maskapai penerbangan dan menawarkan penerbangan ke lebih dari 215 tujuan.

Anda bisa menemukan kereta bawah tanah yang menghubungkan tiga concourse, bersama dengan karya seni, pemandangan Pegunungan Rocky, lounge, panti pijat, dan lebih dari 150 toko dan restoran.

3. Dallas/Fort Worth International Airport (DFW) — Dallas, TX Amerika Serikat — 69.6 km2 (26.88 mi2)

Bandara Internasional ini melayani wilayah Texas Utara dan merupakan bandara terbesar ketiga di dunia. Bandara ini juga merupakan bandara tersibuk kedua di seluruh dunia dan merupakan pusat penghubung terbesar untuk American Airlines, yang berkantor pusat di daerah tersebut.

DFW memiliki luas lebih dari 17.000 hektar (26 mil persegi) dan memiliki kode pos dan layanan darurat sendiri. Anda dapat melakukan perjalanan ke 260 tujuan dari 28 maskapai penerbangan yang berbeda. Pada tahun 2022, ada lebih dari 73 juta penumpang yang terbang masuk dan keluar dari bandara ini.

Bagian dalam bandara ini terasa seperti mal, dengan spa, lounge, klub bisnis, serta berbagai toko dan restoran. Terdapat juga dua hotel di dalam area bandara tersebut.

4. Orlando International Airport (MCO) — Orlando, FL Amerika Serikat — 53.8 km2 (20.78 mi2)

Terletak enam mil tenggara dari pusat kota Orlando, Bandara Internasional Orlando merupakan bandara terbesar keempat di dunia dan ketujuh tersibuk di Amerika Serikat.

Bandara ini memiliki luas 20 mil persegi atau lebih dari 11.000 hektar, dan merupakan basis operasi untuk beberapa maskapai penerbangan, termasuk JetBlue, Southwest, Spirit, dan Avelo. Bandara ini memiliki total 44 maskapai penerbangan dan menghasilkan rata-rata 850 penerbangan setiap harinya.

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia di dalam bandara ini, Anda dapat menemukan Hotel Hyatt dengan lobi yang luas, bar, dan restoran. Di luar hotel, terdapat lebih dari 120 toko dan restoran, termasuk makanan cepat saji dan santapan mewah.

5. Washington Dulles International Airport (IAD) — Washington D.C., Amerika Serikat — 48.6 km2 (18.75 mi2)

Terletak 26 mil sebelah barat dari pusat kota Washington, D.C., Bandara Internasional Dulles melayani wilayah Mid-Atlantik Amerika Serikat.

Bandara ini merupakan bandara terbesar kelima di dunia dan terbesar keempat di Amerika Serikat, dengan luas 18 mil persegi.

Dulles merupakan salah satu dari tiga bandara yang melayani wilayah Washington-Baltimore dan merupakan bandara tersibuk ke-28 di seluruh dunia. Bandara internasional ini melayani 60.000 penumpang setiap harinya dan melayani penerbangan lebih dari 139 tujuan.

Dulles memiliki banyak pilihan tempat makan dan belanja, mulai dari pemanggang dan ruang minum hingga pasar adiboga dan toko-toko desainer mewah. Ada juga lounge, ruang menyusui, area penitipan hewan peliharaan, dan area bermain anak.

6. Beijing Daxing International Airport (PKX) — Beijing, Tiongkok — 46.6 km2 (18 mi2)

Meskipun berdiri di atas lahan seluas 18 mil persegi, Bandara Internasional Daxing Beijing merupakan bandara dengan bangunan tunggal terbesar di dunia (7,5 juta kaki persegi).

Karena desainnya yang unik, bandara ini dijuluki "Bintang Laut". Bandara ini merupakan bangunan baru yang selesai dibangun pada tahun 2019, dan sudah melayani 10 hingga 25 juta penumpang setiap tahunnya, namun memiliki kapasitas untuk melayani hingga 75 juta penumpang.

Beijing Daxing terletak 29 mil di sebelah selatan Lapangan Tiananmen, pusat kota Beijing, Cina. Di dalam bandara, Anda akan menemukan ruang tunggu, bank, area anak-anak, stasiun teknologi pintar, hotel bandara, ruang medis, ruang yoga, dan puluhan restoran dan toko.

Selain itu, bandara ini disebut-sebut sebagai salah satu bandara yang paling higienis dan berteknologi maju di dunia.

7. George Bush Intercontinental Airport (IAH) — Houston, Amerika Serikat — 44.5 km2 (17.19 mi2)

Bandara George Bush Intercontinental terletak di Houston, Texas, dan melayani area metro Houston Raya. 

Bandara ini merupakan bandara tersibuk di Texas untuk perjalanan internasional dan merupakan bandara terbesar kedelapan di dunia, dengan luas 17 mil persegi. Bandara ini juga merupakan bandara tersibuk ke-12 di Amerika Serikat dan merupakan salah satu pusat penumpang terbesar untuk United Airlines.

George Bush Intercontinental memiliki lima landasan pacu, hotel, kereta antar terminal, restoran, bar, toko, lounge, klub kesehatan, dan pusat konferensi.

8. Shanghai Pudong International Airport (PVG) — Shanghai, China — 39.9 km2 (15.4 mi2)

Terletak di Shanghai, sekitar 19 mil sebelah timur dari pusat kota, Bandara Internasional Shanghai Pudong merupakan pusat internasional untuk Asia Timur, dengan pusat maskapai penerbangan China Eastern, Shanghai Airlines, dan Air China.

Terdapat dua terminal penumpang dan empat landasan pacu, yang mencakup area seluas 15 mil persegi. Bandara ini merupakan bandara tersibuk ketiga di dunia untuk lalu lintas kargo dan tersibuk ketiga untuk penumpang di China serta melayani 74 juta penumpang setiap tahunnya.

Di dalamnya Anda akan menemukan ruang tunggu, instalasi seni, arsitektur yang indah, restoran, dan toko-toko kelas atas.

9. Cairo International Airport (CAI) — Kairo, Mesir — 36.3 km2 (14 mi2)

Bandara Internasional Kairo memiliki luas 14 mil persegi dan merupakan yang terbesar kesembilan di dunia.

Bandara ini terletak di Heliopolis, Mesir, yang melayani wilayah Kairo Raya. Bandara ini merupakan hub utama untuk Nile Air, Egyptair, Air Cairo, dan Air Arabia Egypt. Bandara Internasional Kairo juga secara teratur dinilai sebagai bandara terbaik dan tersibuk di Afrika. Bandara ini memiliki hotel mewah, pujasera internasional, ruang tunggu, dan toko-toko.

10. Suvarnabhumi International Airport (BKK) — Bangkok, Thailand — 32.4 km2 (12.51 mi2)

Bandara Internasional Suvarnabhumi, yang juga dikenal sebagai Bandara Internasional Bangkok, terletak di Bangkok, Thailand, dan merupakan bandara terbesar kesepuluh di dunia. Dengan luas 12 mil persegi, bandara ini merupakan salah satu bandara terbesar di Asia Tenggara.

Bandara ini juga merupakan salah satu pusat angkutan udara kargo tersibuk. Bandara Bangkok dikenal dengan desain arsitekturnya yang menakjubkan dan juga memiliki fasilitas seperti hotel bandara, karya seni, tempat belanja, dan restoran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : World Population Review/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement