Advertisement

Perempuan Ini Punya Janggut Terpanjang di Dunia, Begini Cerita di Baliknya

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 19 Agustus 2023 - 11:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Perempuan Ini Punya Janggut Terpanjang di Dunia, Begini Cerita di Baliknya Erin Honeycutt, perempuan AS yang punya janggut terpanjang di dunia. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, CARO—Seorang perempuan asal Amerika Serikat telah menumbuhkan janggut terpanjang di dunia. Pasalnya, ia merasa bosan mengikuti rutinitasnya mencukur janggut tiga kali sehari, sehingga kini memilih membiarkannya tumbuh panjang.

Pengalaman tidak biasa itu dialami Erin Honeycutt, 38, asal Michigan, Amerika Serikat. Ia merupakan salah satu perempuan di dunia yang punya rambut di wajahnya, bahkan kini sepanjang 30 cm.

Advertisement

Melansir The Guardian, Erin menjelaskan bahwa kondisi yang menimpanya itu disebabkan karena dia menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kondisi itu menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan salah satunya dapat menyebabkan pertumbuhan rambut berlebih.

BACA JUGA: Perempuan Amerika Ini Punya Hobi Aneh, Ia Memasak Resep yang Tertulis di Batu Nisan

Sindrom itu membuat perempuan itu mendapatkan gelar perempuan dengan janggut terpanjang di dunia, bahkan tanpa mengonsumsi obat hormon atau suplemen apapun yang sengaja menumbuhkannya.

Erin menuturkan rambut pada wajahnya mulai tumbuh sejak dia berusia 13 tahun. Ia sudah terbiasa mencukur, waxing, hingga menggunakan produk penghilang rambut untuk menjaga janggutnya agar lebih rapi sejak saat itu.

"Saya mungkin bercukur setidaknya tiga kali sehari," kata Erin kepada lembaga pencatat Rekor Dunia Guinness dikutip dari The Guardian, Sabtu (19/8/2023).

Ia mempertahankan gaya hidup itu selama masa remaja dan dewasanya. Namun dia mengatakan dia akhirnya kehilangan sebagian dari penglihatannya dan mulai merasa lelah bercukur dan membiarkannya tumbuh panjang.

Ia mulai menumbuhkan janggutnya sejak pembatasan sosial pada awal pandemi Covid-19 lalu. Dia menggunakan masker wajah pelindung selama beraktivitas sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri selama menumbuhkan janggut.

BACA JUGA: Jembatan Terpanjang di Tol Jogja Solo Punya Nama Unik, Ini Lokasinya

Setelah memiliki janggut yang panjang, ia rupanya memecahkan rekor untuk janggut terpanjang di dunia versi Rekor Dunia Guinness. Erin mengatakan sangat memuaskan untuk mendapatkan rekor dunia untuk sesuatu yang pernah membuat dia malu.

Sindrom ovarium polikistik bukanlah satu-satunya penyakit yang berhubungan dengan kesehatan pada tubuh Erin. Kaki bagian bawahnya juga harus diamputasi setelah dia mengalami infeksi bakteri selama tinggal di rumah sakit untuk mengobati cedera kaki.

Dia juga menderita stroke mata yang dipicu tekanan darah tinggi. Kondisi itu merampas penglihatan utamanya, meski dia masih memiliki penglihatan tepi.

“Saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan dapat mencapai atau mencapai tujuan yang akan membuat saya menulis buku,” kata Honeycutt. "Dan itu hal yang menyenangkan untuk diakui."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : The Guardian

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TikTok Dilarang Jualan, 6 Juta Penjual dan 7 Juta Kreator Bisa Gulung Tikar

News
| Rabu, 27 September 2023, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement