Advertisement

Misteri! Kota Kosong Ini Penuh Rumah Mewah Terbengkalai, Jadi Spot Wisata Horor

Lajeng Padmaratri
Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Misteri! Kota Kosong Ini Penuh Rumah Mewah Terbengkalai, Jadi Spot Wisata Horor Sebuah kompleks perumahan mewah di China terbengkalai belasan tahun hingga dikenal sebagai kota hantu misterius. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SHENYANG—Di kaki bukit Shenyang di China, terdapat kompleks perumahan mewah yang terbengkalai hingga membuat wilayah itu menjadi kota kosong yang misterius.

Perumahan itu merupakan proyek State Guest Mansion di sebuah kota industri di timur laut China. Di sana, ada lebih dari 250 rumah mewah yang saat ini semuanya ditinggalkan.

Advertisement

BACA JUGA: Misteri Bocah Hilang di Hutan Dlingo Bantul, Saat Didekati Malah Lari

Melansir Oddity Central, kompleks perumahan mewah ini dibangun sejak 2010, ketika bisnis di sektor real estat di China berkembang pesat. Raksasa properti Greenland Group membeli berhektar-hektar tanah di kaki bukit sekitar Shenyang dan mulai mengerjakan apa yang seharusnya menjadi tempat peristirahatan bagi orang kaya dan berkuasa di kawasan itu.

Sebanyak 260 vila bergaya Eropa mulai dibangun, lengkap dengan lantai marmer dan lampu berlapis emas yang tergantung di langit-langit. Sayangnya, karena alasan ganjil yang belum terungkap, pembangunan dihentikan pada tahun 2018 dan tempat itu telah menjadi kota hantu misterius sejak saat itu.

“Semua yang ada di sini dibiarkan terbengkalai. Semuanya terasa sangat menyeramkan," kata seorang pria setempat baru-baru ini kepada AFP.

Pengembang properti tidak pernah membuat pernyataan resmi tentang proyek State Guest Mansions dan apa yang menyebabkan ditinggalkannya kompleks itu, tetapi banyak masyarakat setempat percaya itu ada hubungannya dengan korupsi.

BACA JUGA: Misteri Lorong Rahasia Firaun di Piramida Agung Giza Terungkap

“Kami meyakini, itu karena korupsi pejabat. Mereka memotong pendanaan dan menindak perkembangan yang tidak terkendali, sehingga dibiarkan setengah jadi. Ini akan terjual jutaan, tetapi orang kaya bahkan belum membeli salah satunya. Mereka tidak dibangun untuk orang biasa,” kata seorang petani setempat.

Alasan kegagalan proyek tersebut masih belum jelas. Bagi banyak orang, desa mewah yang terbengkalai yang terletak sekitar 400 km dari Beijing itu merupakan simbol pasar perumahan China saat ini, sebuah sektor yang dilumpuhkan oleh eksesnya sendiri.

Bertahun-tahun setelah ditinggalkan, rumah-rumah mewah yang belum selesai perlahan-lahan telah direklamasi oleh alam dan oleh petani biasa yang tidak mampu membelinya. Ternak dibesarkan di antara bangunan yang membusuk ini, kadang-kadang bahkan di dalamnya dan garasi mereka.

Selain itu, para penggemar kota hantu juga sering datang ke sini untuk menjelajah spot misterius ini. Kota kosong ini akhirnya sering menjadi spot wisata horor di China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement