Advertisement

Perawatan Kulit Sebaiknya Dilakukan saat Malam Hari, Ternyata Ini Alasannya

Newswire
Sabtu, 29 Juli 2023 - 02:57 WIB
Arief Junianto
Perawatan Kulit Sebaiknya Dilakukan saat Malam Hari, Ternyata Ini Alasannya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pakar dermatologi yang berpraktik di Rumah Sakit Pusat Pertamina dr Danar Wicaksono menyarankan agar perawatan kulit dilakukan pada malam hari karena saat itu kulit lebih mudah dan efektif menyerap produk perawatan kulit. "Waktu malam tidak boleh enggak pakai skincare, karena permeabilitas [kulit] lebih tinggi," kata dia, Jumat (28/7/2023).

Dia mengatakan kulit pada malam hari memiliki derajat keasamaan atau pH yang lebih rendah ketimbang siang hari sehingga lebih efektif menyerap bahan-bahan aktif tertentu dari produk perawatan kulit.

Advertisement

"Ini berbeda dari siang hari dengan paparan segala macam seperti polusi, sinar UV, kulit menjadi lebih basah. Biasanya kalau lebih basah, bahan-bahan aktif yang memerlukan suasana asam itu biasanya lebih tidak efektif padas siang hari, tetapi lebih efektif pada malam hari," kata dermatologis lulusan UGM itu.

Hal ini, kata dia, berlaku untuk bahan aktif demi mencapai tujuan tertentu misalnya menyamarkan flek hitam dan salah satu kandungan yang terbukti efektif dalam menyamarkan flek hitam yakni vitamin C.

BACA JUGA: Sejumlah Penyebab Kulit Wajah Bisa Sensitif

Vitamin C memiliki properti antioksidan melawan stres oksidatif dan memiliki kemampuan untuk menghambat enzim tyrosinase yang berperan dalam proses pigmentasi yang bekerja dengan lebih optimal pada pH rendah.

Dia menekankan kembali bahwa produk mengandung vitamin C yang diberikan pada malam hari lebih efektif untuk melawan kulit kusam, warna tidak merata, serta flek hitam yang disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan.

Danar menyarankan orang-orang menggunakan produk perawatan kulit dengan vitamin C berbentuk asam askorbik karena lebih ampuh apabila berada pada suasana kulit yang asam yakni malam hari.

Namun, bukan berarti seseorang tak boleh memakai produk dengan kandungan vitamin C. Pada siang hari, Danar menyarankan penggunaan produk perawatan mengandung vitamin C dalam bentuk ascorbyl glucoside karena tidak memerlukan suasana yang tidak terlalu asam untuk memberikan dampak. "Memang tidak seampuh yang malam tetapi kita membutuhkannya [vitamin C pada siang hari] untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Jadi, lebih ke bentuknya saja biar tidak terlalu iritatif tetapi kita dapat efek yang terbaik."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KKP Klaim Tren Impor Produk Perikanan Menurun hingga Juni 2024

News
| Rabu, 24 Juli 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement