Advertisement

Wajah Bercahaya, Ini 5 Langkah Cepat Skincare Rutin di Pagi Hari

Tri Indah Lestari (ST22)
Senin, 10 Juli 2023 - 12:27 WIB
Sunartono
Wajah Bercahaya, Ini 5 Langkah Cepat Skincare Rutin di Pagi Hari Pemakaian krim untuk wajah - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rutinitas perawatan wajah dimalam hari telah menyerap sempurna saat pagi hari tiba, hasilnya wajah tampak mulus dan bercahaya. Namun rutinitas pagi yang lebih hektik tak jarang mempersempit waktu untuk bersiap-siap atau sekadar menyiapkan wajah terbaik untuk kerja, sekolah, atau menjalani aktivitas harian.

Pastinya, kamu tidak ingin tampil dengan wajah ala bangun tidur sehingga tidak percaya diri bahkan menurunkan semangat beraktivitas. Berikut ini ada 5 langkah cepat skincare rutin di pagi hari agar wajah tampak bercahaya.

Advertisement

1. Bersihkan wajah dengan air biasa atau dengan bahan yang lembut

Menurut ahli dermatologi, Dr. Orit Markowitz kebanyakan orang hanya perlu mencuci muka sekali sehari, yakni saat malam. Sementara, saat pagi hari ia menyarankan cukup bersihkan wajah dengan air atau produk pembersih wajah berbahan lembut, seperti micellar water atau cleansing balm.

BACA JUGA : Sejumlah Penyebab Kulit Wajah Bisa Sensitif

Akan tetapi jika kamu mengawali pagi dengan berolahraga, dianjurkan untuk mencuci wajah dengan bahan lembut, yang membuat kulit terasa terhidrasi dan tidak kencang untuk menghilangkan keringat, kotoran, dan bakteri sehingga produk perawatan wajah menyerap lebih sempurna.

2. Gunakan toner

Penggunaan toner dengan tekstur air yang ringan di pagi hari akan membantu mengangkat sisa kotoran serta minyak berlebih dari sisa pembersih wajah. Selain itu toner dapat membantu mengecilkan pori-pori dan menyeimbangkan kadar pH kulit, hasilnya produk berbahan aktif pada skincare akan lebih mudah menembus kedalam kulit

3. Aplikasikan serum atau bahan aktif

Serum memiliki molekul yang lebih kecil sehingga memungkinkan untuk masuk sampai lapisan terdalam kulit, terutama serum berbahan aktif yang ditargetkan untuk memecahkan masalah kulit tertentu.

Wajah pun akan terlihat bercahaya dan cerah di pagi hari. Maka aplikasikan beberapa tetes lalu hangatkan dengan menggosok di antara telapak tangan, kemudian oleskan mulai dari hidung, dan lanjutkan ke arah luar, biarkan meresap kedalam kulit selama 2-3 menit.

4. Lembabkan lapisan terluar wajah

Mengaplikasikan pelembab setelah produk skincare lain akan mengunci kelembapan wajah hingga lapisan terluar sepanjang hari. Kamu bisa memilih pelembap yang cepat diserap kulit bisa bertekstur losion yang lembut atau berbahan dasar air, selama sesuai dengan jenis kulit.

5. Jangan lupa pakai sunscreen

Semua langkah memakai skincare akan menjadi sia-sia jika tidak ditutup dengan menggunakan sunscreen, sekalipun produk yang digunakan telah mengandung SPF.

Pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen guna melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari yang dapat menimbulkan jerawat, mempercepat penuaan dini, atau masalah kulit lainnya. Pilih tabir surya minimal mengandung tingkat SPF 30 jika berada di dalam ruangan dan di atas SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement