Advertisement

Makanan Unik di China Viral, Ada Batu Kerikil yang Ditumis dengan Bumbu

Lajeng Padmaratri
Rabu, 14 Juni 2023 - 14:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Makanan Unik di China Viral, Ada Batu Kerikil yang Ditumis dengan Bumbu Makanan tumis batu kerikil di China viral di media sosial. - World of Buzz

Advertisement

Harianjogja.com, HUBEI—Sebuah video yang menampilkan hidangan makanan unik dari China viral di media sosial. Menariknya, hidangan tersebut berupa batu kerikil yang ditumis dengan bumbu.

Video itu viral usai diunggah oleh seorang pengguna dengan akun Zhutouxinyi di media sosial Xiaohongshu. Dalam videonya, pengguna itu menulis, "Bisakah Anda percaya... Saya makan batu goreng di pasar malam."

Advertisement

Melansir World of Buzz, hidangan unik itu disebut tumis kerikil, atau dalam bahasa China disebut sebagai SuoDiu, kependekan dari “dihisap lalu dibuang”. Batu yang dimasak itu memang tidak benar-benar dimakan lalu ditelan, namun hanya dihisap bumbunya karena sudah dimasak dengan rasa yang nikmat, untuk kemudian dibuang.

Rupanya, SuoDiu adalah hidangan unik yang khas dari wilayah Hubei di China. Di sana, batu kerikil bulat ditumis dengan bawang putih, daun bawang, jahe, cabai, dan minyak cabai.

Dalam video yang viral, seorang penjaja mengatakan bahwa Anda dapat makan batu tumis dengan mengisapnya dan menikmati aromanya. Ketika ditanya oleh orang yang membuat video itu terkait apakah perlu mengembalikan batu-batu tersebut setelah selesai makan, pedagang asongan menjawab, “Tidak perlu, kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh.”

Meskipun hidangan ini dipertanyakan oleh banyak orang, beberapa orang menganggap sajian itu cocok untuk mereka yang sedang diet, tetapi mendambakan rasa. Sebab, Anda secara teknis hanya mengonsumsi bumbu tanpa makan apapun.

Berminat mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : World of Buzz

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Musim Pemilu, Menteri Agama: Jangan Jadikan Agama sebagai Alat Politik

News
| Jum'at, 29 September 2023, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Di Coober Pedy, Penduduk Tinggal dan Beribadah di Bawah Tanah

Wisata
| Kamis, 28 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement