Advertisement

Pameran Foto dan Dokumen, IKA PMII DIY Menghayati Perjuangan KH Abdul Wahab Hasbullah

Media Digital
Sabtu, 03 Juni 2023 - 19:17 WIB
Maya Herawati
Pameran Foto dan Dokumen, IKA PMII DIY Menghayati Perjuangan KH Abdul Wahab Hasbullah Pameran Foto dan Dokumen Komite Hijaz di Omah PMII Yogyakarta, berlangsung hingga 5 Juni 2023. / ist

Advertisement

JOGJA—IKA PMII Jogja beserta LTN dan LESBUMI PBNU dengan bangga mengumumkan pelaksanaan Pameran Foto dan Dokumen Komite Hijaz yang menyajikan rekaman visual dan teks Perjalanan KH Wahab Hasbullah dan Syekh Ghanaim Al-Amir sebagai Utusan Nahdlatul Ulama Bertemu Raja Ibn Saud tahun 1928.

Pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 3-5 Juni 2023 di Omah PMII Yogyakarta, Gg. Puntodewo III No.164D, Jaranan, Banguntapan, Bantul, dengan sajian sejarah visual dan dokumentasi berharga berupa foto-foto langka, manuskrip lawas, dan profil para tokoh yang berperan di Komite Hijaz. Pengunjung bisa datang pukul 09.00-17.00 WIB.

Advertisement

Komite Hijaz adalah utusan yang ditugasi untuk menyampaikan aspirasi para ulama Nusantara kepada Raja Ibn Saud pada paruh akhir medio 1920-an.

Salah satu misi utamanya ialah bernegosiasi agar Ibn Saud yang baru saja menaklukkan Hijaz tetap membuka gerbang Makkah dan Madinah untuk dikunjungi para peziarah muslim dari berbagai mazhab Islam.

Dengan memperhatikan detail linimasa perjalanan kedua utusan mulai dari Tanjung Perak, Johor, Singapura, Jeddah, Madinah, Makkah, hingga kepulangan ke Jawa melalui Tanjung Priok Batavia, Jogja, Jombang, dan kembali di Surabaya, diharapkan para alumni PMII Yogyakarta pada khususnya dan masyarakat pada umumnya mampu menghayati dan mengambil semangat juang para ulama terdahulu yang rela bertaruh nyawa, meninggalkan kemapanan dan sanak keluarga demi mempertahankan keragaman berislam bagi muslim di seluruh penjuru dunia. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement