Advertisement

Penipuan Tiket Konser Coldplay lewat @tixconcern.idn, Warga Rugi Rp12,5 Juta

Maya Herawati
Sabtu, 20 Mei 2023 - 18:47 WIB
Maya Herawati
Penipuan Tiket Konser Coldplay lewat @tixconcern.idn, Warga Rugi Rp12,5 Juta

Advertisement

Harianjogja.com, PALEMBANG—Aksi penipuan pembelian tiket konser Coldplay marak. Seorang warga Kota Palembang, Sumatra Selatan, berinisial NO (30), melaporkan perkara dugaan penipuan pembelian tiket konser grup musik Coldplay bermotif daring melalui media sosial ke Sentra Pelayanan Terpadu (SPKT) Polda Sumsel.

Pelaporan perkara penipuan itu dilakukan korban NO, didampingi tim kuasa hukumnya pada Sabtu. Kepada polisi, mereka mengaku tertipu oleh sebuah akun media sosial Instagram @tixconcern.idn dengan kerugian mencapai Rp12,5 juta.

Advertisement

“Sudah disampaikan beserta barang bukti, dan laporan perkara korban sudah diterima petugas kepolisian,” kata anggota tim kuasa hukum korban, Febi Irianto, di SPKT Kepolisian Daerah Sumatra Selatan.

Menurutnya, laporan beserta barang bukti sudah diterima pihak kepolisian dengan nomor STTPL/260/V/2023/SPKT Kepolisian Daerah Sumatra Selatan.

Pihak kepolisian menyangkakan pemilik atau penyelenggara akun media sosial Instagram @tixconcern.idn melanggar Pasal 28 (1) undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang tindak pidana kejahatan informasi dan transaksi elektronik.

Adapun barang bukti yang telah diterima pihak kepolisian tersebut di antaranya resi transfer uang dan tangkapan layar pesan singkat antara akun Instagram korban dengan akun terlapor.

“Karena sudah diterima kami harap laporan ini dapat segera di proses dan pelakunya ditangkap,” kata dia.

Febi menjelaskan, perkara dugaan penipuan tersebut bermula ketika korban NO yang berprofesi sebagai manager artis itu diperintahkan oleh bosnya mencari penyedia jasa penjualan tiket konser Coldplay.

Atas perintah bosnya itu kemudian, NO melakukan pencarian penyedia jasa melalui berbagai kanal media sosial hingga akhirnya menemukan @tixconcern.idn.

Akun terlapor itu berhasil menyakinkan korban berkat testimoninya yang menyatakan sudah banyak orang melakukan pemesanan tiket konser Coldplay menggunakan jasa mereka.

BACA JUGA: Johnny Plate Terjerat Korupsi BTS 4G Bakti Kominfo, Ini Rincian Proyeknya

Untuk diketahui, Coldplay merupakan grup musik bergendre Pop Rock, asal Kota London, Inggris yang diagendakan manggung perdana di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 15 November 2023.

“Pemilik akun [terlapor] pun memerikan nomer Whatsapp, lantas karena teryakinkan lalu klien kami membeli dua tiket Coldplay CAT level 1 yang memang sulit dicari. Dibayar secara transfer ke nomer rekening terlapor, tiga kali pembayaran dengan harga satu tiket senilai Rp6,250 juta jadi total Rp12,5 juta,” kata dia.

Akan tetapi, ia menyebutkan, setelah pembayaran berhasil dilakukan seluruhnya ke nomer rekening yang diterima, akun instagram terlapor justru menghilang berganti nama menjadi @tiketkuiniyahh dan nomer whatsapp juga tidak aktif.

“Usut tuntas, selain untuk klien kami harapannya jangan sampai ada korban penipuan lainnya yang dilakukan oleh terlapor,” kata dia.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sumatra Selatan Kombes Pol Agung Marlianto, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, mengatakan laporan perkara penipuan tiket konser Coldplay sudah diterima personelnya untuk segera diselidiki. “Betul, saat ini personel kami Subdit V Siber menyelidikinya,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement