Advertisement

Marak Perceraian, Begini Tips Mempertahankan Rumah Tangga

Sabina Arla Yogandini
Sabtu, 20 Mei 2023 - 10:27 WIB
Sunartono
Marak Perceraian, Begini Tips Mempertahankan Rumah Tangga Ilustrasi perceraian - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jagat media sosial diramaikan dengan isu perselingkuhan dan perceraian artis. Dunia selebritas dikagetkan dengan perceraian dari MC kondang Desta yang menggugat cerai istrinya, Natasha Rizki.

Merujuk dari adanya isu yang menerpa hubungan rumah tangga para artis, tentunya hal ini menjadi sorotan terkait bagaimana cara mempertahankan hubungan suami istri agar terhindar dari isu tak sedap yang mengarah pada perceraian. 

Advertisement

Dilansir dari Marriage dan Very Well Mind, berikut adalah tips untuk mempertahankan pernikahan dari perceraian:

1. Ubah apa yang perlu diubah

Ketika kata "perceraian" muncul, biasanya karena salah satu atau kedua anggota dari pasangan suami istri tersebut tidak senang dengan sesuatu. Oleh karena itu, keduanya perlu berdiskusi apa yang sekiranya salah dan perlu diubah agar membuat hubungan pernikahan menjadi lebih baik. 

2. Selesaikan satu masalah pada satu waktu

Jika ada masalah dalam rumah tangga, ada baiknya untuk diselesaikan pada satu waktu agar masalah tidak semakin melebar. Setelah masalah teridentifikasi dan kedua pasangan berusaha untuk mengekspresikan emosi mereka secara lebih efektif, carilah solusi bersama untuk mengatasinya 

3. Tanya pada dirimu sendiri

Masalah tak hanya datang dari pasangan Anda saja, bisa jadi Anda berkontribusi dalam masalah rumah tangga Anda. untuk itu, coba tanya pada diri sendiri dan renungkan apa sekiranya yang menjadi sumber permasalahan. 

4. Ingatlah apa yang menyatukan

Sebelum memutuskan untuk bercerai, pasangan dianjurkan untuk memikirkan mengapa Anda memilih untuk berkomitmen satu sama lain. Salah satu cara untuk menyelamatkan pernikahan dari perceraian adalah dengan mengingat kembali perasaan yang pernah menyatukan Anda. dengan begitu, keduanya akan merenungkan kembali keputusan untuk bercerai. 

5. Ikuti konseling pernikahan

Jika Anda tidak bisa menyelesaikan masalah bersama dengan pasangan, Anda dapat memilih opsi untuk menghubungi konselor pernikahan. Seorang konselor pernikahan yang berpengalaman dapat membantu Anda berdua mencapai titik temu dan secara sistematis mengatasi masalah-masalah yang mendalam. 

6. Sampaikan Ekspektasi Finansial

Banyak pernikahan yang penuh dengan perselisihan mengenai keuangan. Pasangan sering kali membawa ekspektasi yang berbeda mengenai uang dalam sebuah hubungan. Terlebih jika dalam rumah tangga sudah memiliki anak yang perlu dibiayai kedepannya. 

Pastinya biaya sebelum dan sesudah memiliki anak itu berbeda karena ada hal yang perlu diprioritaskan. Untuk itu, ada baiknya untuk terbuka terhadap situasi keuangan. Adapun kesepakatan terkait keuangan yang perlu didiskusikan  agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

7. Berkomitmen pada Hubungan

Untuk mengatasi risiko pada hubungan Anda, putuskan terlebih dahulu bahwa perceraian bukanlah sebuah pilihan. Dalam sebuah hubungan, penting untuk menjaga komitmen bersama agar hubungan pernikahan tetap kuat daripada memikirkan seperti apa kehidupan di luar pernikahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement