Advertisement

Rambut Halus Berkilau, Begini Cara Pakai Conditioner yang Tepat

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 18 Mei 2023 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rambut Halus Berkilau, Begini Cara Pakai Conditioner yang Tepat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penampilan rambut halus nan berkilau ialah pertanda rambut sehat. Cara mencuci rambut yang kurang tepat menjadi salah satu penyebab kerusakan rambut, menyisakan rambut tampak kusut dan tak berkilau.

Selain menggunakan sampo untuk membersihkan dan menutrisi rambut, penggunaan conditioner juga diperlukan bukan hanya membuat rambut lembap dan berkilau saja, namun rambut juga lebih sehat. Bagi rambut kering, conditioner akan menggantikan minyak serta melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari atau polusi udara.

Advertisement

Hasil yang maksimal akan didapatkan bila penggunaan conditioner dilakukan dengan cara yang tepat, oleh karena itu perhatikan ulasan berikut ini.

1. Gunakan di ujung rambut bukan kulit kepala

Banyak orang menilai menggunakan conditioner di kulit kepala akan melembapkan kulit kepala dan hasilnya rambut pun tampak halus dan berkilau. Nyatanya conditioner harusnya hanya digunakan pada bagian ujung rambut. Sebab jika digunakan pada kulit kepala justru membuat rambut akan lepek, muncul ketombe, dan kulit kepala semakin berminyak. Misalnya pada rambut panjang gunakan conditioner dari bawah dagu hingga ujung rambut.

Baca juga: Mungkin Kamu Belum Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Selingkuh

2. Hindari menggunakan conditioner pada rambut yang basah

Setelah membersihkan kotoran rambut dengan keramas, demi hasil yang maksimal dianjurkan untuk tidak langsung menggunakan conditioner sebab conditioner tidak akan terserap maupun menutrisi rambut secara sempurna. Sebaiknya peras rambut perlahan guna mengurangi kadar air pada rambut, setelah terasa sedikit lebih kering rambut pun siap untuk diaplikasikan conditioner.

3. Ratakan conditioner dengan sisir

Meratakan conditioner terkadang bisa jadi perkara sulit karena rambut dalam keadaan basah, menggunakan sisir bergigi jarang dapat mempermudah pengaplikasian conditioner ke setiap helai rambut. Pastikan pula jumlah conditioner yang digunakan tidak berlebihan dengan menyesuaikan panjang rambutmu, agar terhindar dari penumpukan produk membuat rambut kusam dan sulit diatur.

4. Diamkan conditioner

Agar produk terserap secara sempurna conditioner perlu didiamkan sementara waktu mulai dari 10-30 menit sesuai dengan anjuran yang biasa tertera pada kemasan produk. Umumnya rinse out conditioner atau kondisioner bilas hanya membutuhkan waktu satu hingga dua menit agar produk terserap.

Setelah didiamkan conditioner dapat dibilas dengan perlahan hingga bersih, namun ada pula jenis leave in conditioner yang tidak perlu di bilas setelah diaplikasikan pada rambut basah. Formulasinya yang lebih ringan tidak memberatkan rambut, bisa jadi opsi lain untuk kondisioner bilas. Bila memiliki rambut yang sangat kering dan rusak dapat pula menggunakan keduanya secara bersamaan.

Itulah empat cara tepat menggunakan conditioner agar rambut halus berkilau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyidik Kasus Harun Masiku yang Terima Perintah di Luar KPK Bakal Dipecat

News
| Sabtu, 22 Juni 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement