Advertisement

4 Sindrom Psikologis yang Aneh dan Jarang Ditemui

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 16 Mei 2023 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Sindrom Psikologis yang Aneh dan Jarang Ditemui Ilustrasi sindrom psikologis. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sindrom merupakan sekumpulan gejala dan temuan fisik yang cenderung terjadi secara bersamaan dari penyakit yang dapat dikenali. Banyak sindrom dinamai oleh dokter atau penemu yang pertama kali berhasil mengidentifikasi sindrom.

Seperti sindrom Down adalah kondisi yang pertama kali diketahui oleh seorang Dr. Down

Advertisement

Sementara dalam bidang psikiater, ada sindrom psikologis atau lebih dikenal sebagai gangguan mental atau gangguan kejiwaan. Sejauh ini sekitar 300 gangguan mental yang tercatat dalam DSM-5 (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders).

Di antara 300 gangguan tersebut terdapat sejumlah sindrom psikologis yang cukup aneh dan jarang ditemui, simak rangkuman yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.

Alice in Wonderland syndrome (AIWS) atau Todd syndrome

Bila pernah menyaksikan film Alice Wonderland tentu tidak asing lagi dengan beragam karakter dengan fisik yang unik dan berbeda dari manusia kebanyakan. Serupa dengan film tersebut sindrom neurologis di mana perasaan pasien memiliki citra tubuh, ruang, dan/atau waktu yang terdistorsi.

Memungkinkan penderita mengalami mikropsia atau halusinasi liliput, makropsia, atau distorsi sensorik lainnya, termasuk perubahan waktu yang terasa cepat atau lambat. Misalnya saat bangun dari tidur seseorang akan merasa sebagian tubuhnya membesar atau mengecil. Dipercaya setidaknya 10 persen populasi mengalami efek ini setidaknya sekali seumur hidup.

Ripley syndrome

Sindrom dimana seseorang bersifat manipulatif karena menciptakan kebohongan atau penipuan berulang. Umumnya penderita memiliki kepribadian antisosial yang diikuti sejumlah ciri lainnya seperti arogan serta merasa lebih superior bahkan mengintimidasi orang lain, tidak ada rasa empati, cenderung bertindak impulsif, bahkan mampu melakukan tindakan kriminal.

Pada kasus yang cukup serius, penderita akan mengalami kesulitan membedakan antara realitas dan kebohongan yang diciptakan, sehingga mereka akan kehilangan jati dirinya dan terjebak dalam hidup dengan kebohongan yang mereka ciptakan sendiri.

The Fregoli Delusion

Delusi dimana seseorang yakin bahwa orang yang berbeda sebenarnya adalah orang yang sama. Misalnya, seorang pria jatuh cinta dengan seorang wanita yang menolaknya, lalu percaya bahwa semua teman di media sosialnya sebenarnya ialah wanita yang menyamar.

Namanya berasal dari aktor asal Italia Leopoldo Fregoli, yang dikenal dengan kemampuannya mengubah penampilan dengan cepat selama aksi panggungnya. Delusi ini sering ditemui pada pasien skizofrenia, meskipun telah dilaporkan dapat terjadi pula pada pasien demensia, epilepsi ataupun setelah cedera otak traumatis.

Folie a deux

Folie a deux ialah delusi yang berasal dari satu orang ditransmisikan ke orang lain, seolah-olah khayalan itu menular. Membuat orang lain mempercayai khayalan sama kuatnya dengan orang yang menulari. Hubungan yang begitu dekat membuat paparan delusi ini dapat terjadi terus-menerus dan menulari orang lain.

Kondisi ini pernah terjadi pada tahun 1962 yang dikenal sebagai The Great June Bug Epidemic. Dimana terdapat sekelompok wanita yang bekerja di sebuah pabrik percaya bahwa mereka telah digigit serangga. Seorang wanita (sumber delusi) bahkan menunjukkan gejala penyakit akibat gigitan serangga. Satu per satu, gejala sama juga terjadi pada pekerja lain yang juga menunjukkan gejala yang sama. Namun tak pernah ada serangga yang ditemukan dan dokter tidak menemukan penyebab untuk mengidentifikasi gejala mereka.

Itulah beberapa sindrom psikologis yang cukup aneh dan jarang ditemui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Anggaran Makan Siang Gratis Dijatah Rp7.500 per Anak, Menteri Keuangan Bilang Begini

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement