Advertisement

Kafe di Jepang Gunakan Robot Pelayan yang Dikendalikan Penyandang Disabilitas

Lajeng Padmaratri
Rabu, 10 Mei 2023 - 19:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Kafe di Jepang Gunakan Robot Pelayan yang Dikendalikan Penyandang Disabilitas Kafe di Jepang menempatkan robot pelayan yang bisa dikendalikan oleh penyandang disabilitas dari jarak jauh. - The Japan News

Advertisement

Harianjogja.com, SAPPORO—Salah satu kafe di Jepang berupaya memberdayakan penyandang disabilitas dengan cara unik. Kafe itu menempatkan robot pelayan yang bisa dikendalikan oleh penyandang disabilitas dari jarak jauh.

Melansir The Japan News, kafe bernama Dawn yang terletak di Sapporo, Jepang itu menarik perhatian karena sifat inklusinya. Pendirian kafe itu menjadi salah satu cara mewujudkan masyarakat dengan penyandang disabilitas fisik dapat bekerja dari rumah.

Advertisement

Di sana ada beberapa robot dengan ukuran yang berbeda dengan tugas yang berbeda pula.

“Tiga es kopi, apakah itu benar?” tanya OriHime, robot setinggi 23 sentimeter yang diletakkan di atas meja saat acara demo untuk media. Di belakang layar, ada staf yang dijuluki "pilot" mengoperasikan robot dari rumah melalui PC dan smartphone.

Sebagian besar pilot penyandang disabilitas mengalami kesulitan meninggalkan rumah karena cacat parah atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan seperti amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

Robot OriHime dilengkapi dengan kamera dan speaker, sehingga pilot dapat berbicara dengan pelanggan dan melihat apa yang terjadi di dalam kafe. Foto para pilot bahkan ditampilkan di tablet yang digunakan pelanggan untuk melakukan pemesanan.

Sementara itu, robot yang berbeda, yaitu OriHime-D setinggi 120 sentimeter, yang juga dikendalikan oleh pilot bertugas mengantarkan pesanan.

Kafe yang dibuka pada 18 Februari ini akan beroperasi dalam waktu terbatas. Sekitar 28 pilot dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam proyek ini, termasuk orang-orang dari prefektur Hokkaido, Tokyo, Osaka dan Okinawa. Siswa dari sekolah kebutuhan khusus di Hokkaido juga akan mengambil bagian dalam inisiatif ini sebagai bagian dari pengalaman kerja mereka.

Salah satu pilot, Tokyoite Masahito Nagahiro, 29, terbaring di tempat tidur karena atrofi otot tulang belakang, tetapi dapat mengoperasikan mouse dan sensor dengan ujung jari dan bibirnya, yang dapat dia gerakkan sedikit.

"Saya dapat berinteraksi dengan orang lain selain tenaga medis dan pembantu, yang telah membuka dunia baru bagi saya,” kata Nagahiro, yang telah melayani pelanggan di kafe di masa lalu.

Robot OriHime dikembangkan oleh OryLab Inc yang berbasis di Tokyo. Pada tahun 2021, perusahaan tersebut membuka kafe di Nihombashi, Tokyo, dan saat ini mempekerjakan sekitar 70 pilot. Tahun lalu, perusahaan mulai mengoperasikan kafe andalannya versi keliling. Untuk kafe Hokkaido, mereka menyewa tempat di Modish Sapporo, sebuah restoran di lantai pertama Richmond Hotel Sapporo Odori di Sapporo.

Terletak dekat dengan distrik hiburan di Susukino, restoran berganti nama menjadi "Snack OriHime" setelah pukul 6 sore. Satu robot menjaga konter, dan bir serta minuman lainnya disajikan saat pelanggan berbicara dengan pilot.

Kepala eksekutif OryLab berkata, “Kami akan senang jika orang Hokkaido mengetahui bahwa ada cara baru bagi orang [penyandang disabilitas] untuk berpartisipasi dalam masyarakat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement