Advertisement

Jeruk Nipis Ampuh Hilangkan Ketombe

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 07 Mei 2023 - 23:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jeruk Nipis Ampuh Hilangkan Ketombe Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ketombe bisa dialami siapa saja. Tidak hanya kaum perempuan, kaum laki-laki pun juga bisa berketombe. 

Jika ketombe sudah membuat masalah lain muncul, seperti rambut rontok hingga bau tidak sedap, hal ini harus menjadi perhatian serius.

Advertisement

Untuk itu masalah ini perlu segera diatasi agar tidak semakin parah dan mengganggu penampilan. Ada cara alami yang dapat dipilih untuk menghilangkan ketombe di kepala, salah satunya dengan jeruk nipis. 

Dilansir dari Sunsilk, cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami salah satunya bisa dengan memanfaatkan perasan air jeruk nipis. Sifat asam dan kandungan antioksidan di dalamnya dikenal mampu menghambat perkembangan salah satu jenis jamur penyebab ketombe, seperti Malassezia Furfur.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, oleskan perasan jeruk nipis ke permukaan kulit kepala, kemudian diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipisnya meresap sempurna hingga ke dalam kulit kepala dan folikel rambut. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih dan dilanjutkan dengan keramas menggunakan sampo untuk atasi ketombe.

Lakukan cara ini secara rutin setidaknya hingga keluhan ketombe berkurang bahkan menghilang. Kamu juga bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dengan cuka apel, minyak zaitun, atau garam dan aplikasikan pada kulit kepala secara merata sebelum membilasnya menggunakan air bersih dan melanjutkannya dengan keramas menggunakan sampo ketombe pilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement