Advertisement

Sayangi Rambutmu, Rawat Secara Rutin dengan Cara Ini...

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 07 Mei 2023 - 22:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sayangi Rambutmu, Rawat Secara Rutin dengan Cara Ini... Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pendek ataupun panjang, kamu penting untuk melakukan perawatan rambut secara rutin. Hal itu agar terbebas dari masalah rambut seperti rontok, patah, hingga berketombe. Hair treatment atau perawatan rambut bisa dilakukan sendiri di rumah atau di salon.

Mengutip dari Instagram Laseca, hair treatment penting karena untuk menjaga kondisi rambut yang sehat dengan menawarkan manfaat seperti pengkondisian, pelembutan, penghalusan, dan penguatan akar maupun batang rambut.

Advertisement

Selain itu, perawatan rambut juga digunakan untuk melindungi rambut dari kerusakan karena faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari dan polusi.

Melansir dari halodoc, prosedur perawatan rambut bisa sangat bervariasi, bergantung pada kondisi atau permasalahan yang sedang dialami. Umumnya, jenis prosedur perawatan rambut yang perlu rutin dilakukan yaitu:

Baca juga: Hasil Survei: 48 Persen Warga Kulonprogo Membaca untuk Kurangi Stres

- Perawatan pada kulit kepala

Kulit kepala gatal dan kering bisa ditangani dengan melakukan perawatan kulit kepala di salon. Biasanya, perawatan yang diberikan adalah memperbaiki minyak pada area kulit kepala sekaligus menaikkan pertumbuhan rambut menggunakan produk yang sesuai. Facial pada kulit kepala juga menjadi perawatan rambut yang cukup populer karena membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

- Spa rambut

Rambut berminyak, keriting, kering, dan kusam juga menjadi masalah yang kerap ditemui. Terlebih dengan pemakaian alat pelurus rambut, pengering rambut, dan paparan sinar matahari berlebihan yang membuat rambut menjadi lebih mudah rusak. Solusinya untuk masalah ini adalah melakukan perawatan spa rambut. Perawatan rambut ini dapat menutrisi akar rambut, meremajakan kulit kepala, dan menguatkan folikel rambut.

- Perawatan keratin

Selanjutnya ada perawatan keratin yang membantu membuat rambut menjadi lebih lurus dan bebas kusut. Jenis perawatan rambut ini banyak dipilih untuk pemilik rambut keriting, cenderung kusut dan susah diatur yang ingin memaksimalkan penampilan. Meski demikian, penggunaan bahan kimia pada perawatan keratin juga dapat memberikan efek samping pada kulit. Ini termasuk reaksi alergi dan iritasi.

- Perawatan detoks

Perawatan detoks membantu mengurangi penumpukan yang terjadi pada batang rambut, karena pemakaian produk maupun bahan kimia seperti klorin yang berlebihan. Dengan demikian, kesehatan rambut maupun kulit kepala akan terjaga, rambut juga tumbuh lebih optimal. Tak hanya itu, jenis perawatan rambut ini juga membantu membersihkan rambut dari berbagai kotoran yang menyebabkan rambut tampak lepek dan kusam. Perawatan ini diperlukan apabila kamu telah memakai banyak produk kimia untuk rambut atau tidak rutin mencuci rambut.

Itulah beberapa cara perawatan rambut yang perlu dilakukan secara rutin agar rambut tetap sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement