Advertisement

Tips Perawatan Rambut Saat Musim Hujan

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 14 Januari 2023 - 16:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Perawatan Rambut Saat Musim Hujan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rambut yang basah akibat hujan tidak boleh disepelekan karena bisa membuat rambut rusak dan berbau. Hal ini disebabkan air hujan mengandung gas-gas atau senyawa sehingga lebih bersifat asam.

Sekalipun intensitas hujan ringan ataupun hanya gerimis, konsentrasi asam dari gas dan senyawa ini semakin besar, sehingga bisa membuat orang sakit.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Selain itu, air hujan juga mengandung polutan dan kotoran yang ada di udara terbuka. Jika kotoran ini tinggal di rambut serta kulit kepala, akan menyebabkan munculnya masalah ketombe. Inilah pentingnya mencuci rambut atau keramas apabila kehujanan.

Baca juga: Dua Anak di Sleman Diduga Keracunan Chiki Ngebul

Beberapa perawatan rambut ini perlu kamu lakukan saat musim hujan tiba hujan: 

1. Jangan sering menggunakan alat styling

Sebaiknya kamu meminimalisir penggunaan alat styling rambut seperti hair dryer ataupun catokan. Setelah keramas, sebaiknya keringkan rambut dengan cara alami yakni diangin-anginkan sambil ditepuk menggunakan handuk kering. Namun, jika memang terpaksa menggunakan alat styling seperti hair dryer, atur suhu alat menjadi yang paling rendah.

2. Cari perlindungan dari hujan

Terkadang kamu sering kali kehujanan di cuaca yang cukup ekstrem. Mungkin kamu tak tahu apa efek untuk kulit kepalamu, tapi kamu akan terkejut melihat betapa parahnya kulit kepalamu apabila tidak terlindungi dari hujan. Selain kotor, rambut basahmu pun rentan terhadap kerusakan dan cepat mengembang. Berteduhlah saat hujan atau gunakan alat pelindung hujan seperti payung atau jas hujan.

3. Pakai hair mask

Menggunakan kondisioner dan keramas dengan sampo secara rutin saja tidak cukup saat musim hujan. Formula baik yang terkandung pada hair mask bisa membantu merawat dan menutrisi rambutmu. Hal ini dikarenakan sebagian besar hair mask memiliki kandungan Vitamin E dan antioksidan untuk menguatkan rambut, serta membantu pertumbuhan rambut. Untuk itu, gunakanlah produk hair mask yang memiliki sifat conditioning, sehingga dapat membantu melembapkan rambut yang kering dan memperkuat akarnya selama musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BUMN Siap Perkuat Industrialisasi Pangan

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 19:42 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement