Advertisement

Penting! Lakukan Hal Ini saat Terjebak di Lift

Tri Indah Lestari
Senin, 01 Mei 2023 - 20:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Penting! Lakukan Hal Ini saat Terjebak di Lift Seorang pekerja memperbaiki lift. - Antara/ Wahyu Putro A

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Belum lama ini terjadi insiden dimana seorang wanita yang bernama Aisiah Sinta Dewi Hasibuan, 38, ditemukan tewas di lift Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara pada Kamis (27/4/2023) lalu.

Insiden yang menggegerkan publik ini tentu menjadi peringatan bagi kita untuk lebih berhati-hati saat menggunakan lift, mengingat kendala teknis serupa seringkali terjadi saat berada di dalamnya.

Advertisement

Agar dapat keluar lebih cepat saat terjebak di lift berikut ialah hal yang perlu dilakukan. Melansir dari Apartment Search, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat terjebak di dalam lift:

1. Tetap tenang

Tetap tenang akan membantu untuk berpikir jernih saat berhadapan situasi berbahaya apapun demi membahayakan keselamatan Anda. Ketika terjebak di lift dengan orang lain cobalah untuk membantu menenangkan mereka juga, caranya dengan latihan pernapasan atau hitung mundur dari angka 100 untuk mengalihkan ketakutan atau kecemasan.

2. Tekan tombol "pintu terbuka"

Solusi pertama saat terjebak di dalam lift untuk keluar dimulai dengan menekan tombol "pintu terbuka", lalu tekan tombol "pintu tertutup" perhatikan apakah berhasil jika tidak setidaknya cara ini dapat membuat lift macet dan berhenti. Langkah selanjutnya, cobalah untuk menekan tombol lantai di bawah Anda. saat ketiga upaya tak berhasil, berhentilah menekan tombol terus menerus karena Anda berpotensi merusak lift.

Baca juga: Apakah Kaget Bisa Mengakibatkan Meninggal Dunia?

3. Tekan tombol panggilan

Tak jarang saat lift macet atau berhenti lampu pun akan ikut mati, gunakanlah senter dari gawai Anda untuk mencari tombol "panggil" jajaran tombol lift yang biasanya ditandai dengan gambar telepon. Tombol tersebut berfungsi untuk menghubungi teknisi yang dapat membantu sekaligus menginformasikan terjadi masalah pada lift kepada staf pemeliharaan, dengan demikian staff akan segera datang dan membantu Anda keluar dari lift.

4. Tekan tombol alarm

Jika tombol panggil tak dapat berfungsi cobalah menekan tombol alarm di lift yang biasanya terhubung ke bel dan akan berdering memperingatkan orang-orang jika ada orang yang terjebak di dalam lift dan membutuhkan bantuan. Dengan demikian orang yang mendengar alarm kemungkinan besar akan mencari sumber suara dan memberi tahu seseorang yang dapat membantu Anda.

5. Berteriaklah untuk meminta bantuan

Cara yang paling mudah dilakukan apabila tombol alarm atau panggilan tidak membantu. Anda dapat berteriak agar orang-orang di seluruh gedung mendengar suara Anda dan mengetahui ada seseorang yang membutuhkan bantuan.

6. Tunggulah

Meski terkesan pasrah, secara logika lift sering digunakan orang lain untuk berpindah dari satu lantai ke lantai lain secara efektif dan menghemat energi, oleh karenanya ada peluang besar untuk keluar dari lift apartemen dalam beberapa menit. Ketika menyadari lift tidak berfungsi dengan baik seseorang akan meminta bantuan.

Begitu pula ketika upaya panggilan ke staf pemeliharaan atau petugas darurat berhasil dilakukan, tunggulah dengan tenang. Panggilan memerlukan persiapan waktu untuk melakukan penanganan mungkin butuh waktu kurang lebih sekitar 30 menit hingga Anda dapat terbebas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement