Advertisement

Bacaan Doa Niat Mandi Wajib untuk Muslim dan Tata Caranya

Media Digital
Sabtu, 15 April 2023 - 17:17 WIB
Sunartono
Bacaan Doa Niat Mandi Wajib untuk Muslim dan Tata Caranya Ilustrasi berdoa/Shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai doa dan niat mandi wajib sesuai sunah dengan lengkap. Dalam ajaran Islam setiap muslim sebelum melakukan ibadah sunnah maupun wajib harus dalam keadaan suci dari hadas kecil maupun besar.

Sebab saat muslim dalam keadaan kotor atau masih junub dilarang untuk menjalakan ibadah sunnah dan juga wajib. Tidak hanya itu kata balitteknologikaret.co.id bagi muslim saat berada posisi junub maka ia tidak diperbolehkan untuk duduk di masjid.

Advertisement

Termasuk juga melakukan tawaf atau mengelilingi Ka’bah dan juga tidak boleh melafalkan ayat suci Al Qur’an maupun menyentuh lembaran mushaf.

Dalam islam memang sangat diwajibkan bagi pemeluknya sebelum melakukan ibadah sunnah serta wajib harus berada dalam keadaan suci dari hadas kecil dan besar.

Saat seorang muslim menyandang hadas kecil maka untuk mensucikan dirinya tidak perlu hingga mandi wajib atau mandi besar.

Hadas kecil ini seperti saat kentut, kencing hingga buang kotoran besar usai melakukan wudhu, maka untuk kembali dalam keadaan suci cukup untuk wudhu saja.

Lain halnya seorang muslim memiliki hadas besar maka ia diwajibkan untuk melakukan mandi besar.

Lantas hadas besar yang dimaksud itu seperti apa? Seorang muslim apabila usai melakukan hubungan intim dengan pasangan suami istri juga termasuk sedang memiliki hadas besar dan mewajibkan merak mandi wajib.

Kemudian jika muslim mengeluarkan sperma, semisal akibat mimpi basah maka ia juga diwajibkan untuk bersuci dengan mandi besar.

Bagi muslimah saat usai haid, nifas (usai melahirkan) 40 hari setelah melahirkan maka ia juga wajib melakukan mandi besar.

Lantas bagaimanakah cara untuk mandi wajib bagi yang menyandang hadas besar? Temkan jawabannya di bawah ini.

Dilansir dari kitab Kasyifatus Saja karangan Syek Muhammad Nawawi Al-Jawi menjelaskan jika ada tata cara secara khusus saat ingin melakukan mandi besar atau wajib.

Awalnya, seorang muslim yang menyandang hadas besar harus melafalkan niat doa mandi besar seiring dengan guyuran air pertama pada anggota tubuh.

Kedua, usai membaca doa dan melakukan guyuran, maka setiap muslim yang sedang melakukan mandi besar harus membilas seluruh anggota tubuh hingga benar - benar teraliri air tanpa ada terkecuali.

Penting untuk diketahui jika setiap orang yang mandi besar harus memastikan tuuhnya semua basah, sebab jika ada yang terlewat maka mandi wajibnya tidak sah.

Pada saat mandi wajib disunahkan untuk membasuh tubuh bagian kanan terlebih dahulu kemudian dilanjutkan pada bagian sisi kiri. Doa atau bacaan niat mandi wajib untuk muslim

Pada saat mandi besar ada tiga jenis sesuai dengan hadas yang biasa dialami oleh seorang, pertama saat melakukan hubungan intim atau keluar seperma, kedua menstruasi atau haid dan ketiga melahirkan atau nifas.

Langsung saja berikut ini doa niat manjdi wajib yang harus dibaca saat mandi wajib.

1. Doa niat mandi wajib Usai melakukan hubungan intim maupun keluar sperma

Nawaitul ghusla liraf 'il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta'aala

Artinya: “Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardu karena Allah Ta'ala.”

2. Bacaan doa mandi wajib setelah menstruasi

Nawaitul ghusla liraf'i hadatsil haidil lillahi Ta'aala.

Artinya: “Aku berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta'ala.”

3. Bacaan niat mandi wajib usai Nifas

Nawaitul ghusla liraf'i hadatsin nifaasi lillahi Ta'aala.

Artinya: “Aku berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta'ala.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement