Advertisement

Dilarang Nyanyikan Lagu Dewa 19, Once Mekel: Saya Tidak Akan, Kecuali ...

Astrid Prihatini WD
Sabtu, 01 April 2023 - 08:27 WIB
Jumali
Dilarang Nyanyikan Lagu Dewa 19, Once Mekel: Saya Tidak Akan, Kecuali ... Once Mekel - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Once Mekel tanggapi pernyataan Ahmad Dhani soal larangan menyanyikan lagu-lagu Dewa 19.

BACA JUGA: Once Mekel Gandeng Animator Kudus

Advertisement

Pelantun lagu Symphoni yang Indah ini merasa bahwa dirinya tak bersalah sebab jika berbicara soal royalti merupakan tanggung jawab EO yang mengundangnya. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Seperti diketahui bahwa pentolan Dewa 19 itu beberapa hari lalu memberikan melarang Once menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Meski begitu, Dhani memperbolehkan Once untuk menyanyikan lagu ciptaannya yang lain.


Kendati demikian Ahmad Dhani menegaskan bahwa EO-lah yang seharusnya membayar royalti lagu-lagu tersebut.

“Jadi kalo ada yang nanya Mas Dhani Mas Dhani ada apa dengan Once? Saya sama Once ndak ada apa-apa, yang wajib bayar bukan Once, tapi EO nya makanya saya harap jangan konfirmasi lagi ke Once. Once tidak mewakili pengarang lagu dan juga Once juga tidak tidak mewakili ahli hukum hak-hak kekayaan intelektual. Jadi saya ulangi sekali lagi biar nggak salah, ini untuk EO nya bukan untuk penyanyinya,” tuturnya dikutip dari kanal Youtube Video Legend pada Jumat (31/3/2023).

Once Mekel akhirnya menanggapi soal larangan dari Ahmad Dhani bahwa dirinya tidak lagi diperbolehkan membawakan lagu-lagu Dewa 19. Hal itu lantaran band tersebut tengah disibukkan jadwal manggung dan ingin menjaga kemurnian dari konser tersebut.

Namun, ada pula yang menganggap bahwa larangan Dhani ini dikarenakan ia kecewa pada EO yang tidak membayar royalti pada lagunya. Padahal, EO tersebut mengundang Once untuk membawakan lagu-lagu Dewa 19. Hal ini membuat Once merasa dirinya tidak bersalah.

“Saya kalau manggung itu membuat kontrak dimana EO itu akan memiliki kewajiban untuk membayar royalti pada Lembaga Manajemen Kolektif Nasional, sehingga saya lepas dari tanggung jawab itu sebagai pengguna. Itu udah berlaku bertahun-tahun,” tuturnya dikutip dari kanal Youtube CumiCumi pada Jumat (31/3/2023).

Once mengatakan bahwa pentolan Dewa 19 tersebut seharusnya membuat langkah yang lebih komunikatif sebelum mengumumkan pelarangan nyanyi lagu Dewa 19. “Dia harus membuat langkah-langkah yang komunikatif, elegan, substantif melalui jalur-jalur konstruktif apabila ada ketidakpuasan. Bukan membuat pernyataan-pernyataan yang menyetir opini publik seolah-olah Once bersalah,” beber mantan vokalis Dewa 19 ini.

Menanggapi larangan Ahmad Dhani soal menyanyikan lagu Dewa 19, Once Mekel mengatakan dirinya tak akan membawakan lagu milik band legendaris itu untuk ke depannya. Namun, jika Once ikut menulis lagu untuk band tersebut kemungkinan ia masih akan tetap menyanyikannya. Diketahui bahwa Once pernah ikut menulis lagu berjudul Cemburu.

“Saya tidak akan, kecuali lagu yang memang saya ikut menulisnya. Itu pun cuma satu lagu, biar fans saya senang lah. Dari dulu juga sebenarnya gitu, gak akan bawain lagu Dewa 19 10 lagu. Buat apa? Ini kan masalah etika juga. Dari dulu saya sadar kalau tidak bisa membawa lagu Dewa 19 banyak-banyak,” tutur penyanyi yang baru saja merilis album Sigma itu.

Once mengaku bahwa dirinya sempat sakit hati dengan pernyataan Ahmad Dhani. Bahkan, anak Once bertanya terkait masalah tersebut dan Once hanya menjawab bahwa inilah dinamika bapak-bapak mencari uang. Dia juga menilai bahwa Dhani berlebihan.

Menurut Once Mekel, dia merasa bahwa jika satu atau dua lagu dibawakan olehnya bukanlah masalah yang besar. Ditambah lagi, Once juga masih sering bermain untuk Dewa 19 seperti dalam konser di Medan pada 11 Februari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Sebut Korban Pelecehan di Ponpes Sekotong 4 Santriwati

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement