Advertisement

Kleine Johanna, Sepeda Raksasa di Dunia dengan Berat 2 Ton

Lajeng Padmaratri
Rabu, 29 Maret 2023 - 16:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Kleine Johanna, Sepeda Raksasa di Dunia dengan Berat 2 Ton Kleine Johanna, sepeda asal Jerman yang pecahkan rekor sebagai sepeda terberat yang dapat dinaiki. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, KOTHEN—Sebuah sepeda raksasa baru-baru ini memecahkan rekor sepeda terberat. Sepeda bernama Kleine Johanna yang memiliki berat 4.800 pon atau 2177 kilogram itu diakui sebagai sepeda terberat yang dapat dinaiki.

Melansir Oddity Central, sepeda raksasa itu mendapat pengakuan dari Record Institute for Germany, rekor versi Jerman dari Guinness Book of Records.

Advertisement

Sepeda unik itu berukuran panjang lebih dari lima meter, tingginya hampir dua meter, dan beratnya sekitar dua ton. Tentunya spesifikasi itu lebih tinggi daripada kebanyakan mobil sedan. Lalu, bagaimana mungkin orang bisa menggerakkannya dengan tenaga pedal saja?

Pencipta sepeda ini, Sebastian Beutler, menuturkan bahwa menggerakkan Kleine Johanna seberat 2 ton sangat memungkinkan berkat gearbox truk yang diadaptasi untuk menyempurnakan sistem roda gigi sepeda klasik. Sepeda itu memiliki 35 gigi maju dan 7 gigi mundur dan tidak hanya dapat dikayuh oleh satu orang, tetapi juga dapat menderek hingga 15 ton tanpa masalah.

Beutler yang tinggal di Köthen, sebuah kota di negara bagian Saxony-Anhalt Jerman, telah menciptakan kendaraan besi tua sejak lama. Ketika dia masih kecil, dia mencoba membuat sendiri sepeda dari barang bekas, tetapi hobinya menjadi lebih bergairah selama sekitar satu dekade terakhir.

Beutler sakit parah pada tahun 2011, dan dia telah mencoba untuk mengkompensasi fakta bahwa dia tidak dapat lagi memiliki kehidupan kerja yang normal dengan membangun segala macam mesin logam yang ia inginkan.

Kleine Johanna telah dikerjakan di bengkel Sebastian Beutler selama tiga tahun terakhir. Dia memperkirakan bahwa dia menghabiskan sekitar 2500 jam untuk proyek tersebut. Keluarga dan teman-temannya mencoba membuatnya berhenti mengerjakannya, tetapi dia tidak mau mendengarkan, dan hari ini dia bangga menjadi pemilik sepeda terberat di dunia.

Menariknya, Kleine Johanna bahkan memiliki mesin bawaan, namun hanya untuk menyalakan alternator yang mengisi daya ponsel pengguna. Dalam hal kecepatan, itu tidak akan mengesankan siapa pun.

Meskipun Beutler tidak mengungkapkan kecepatan tertinggi motornya, dia mengatakan berencana untuk berkendara ke Laut Baltik untuk berlibur di musim panas yang mengharuskannya menempuh perjalanan sejauh 389 kilometer itu. Dia memperkirakan akan membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement