Advertisement

Cek List Dulu! Sudahkah Lengkap Persiapanmu untuk Ramadan?

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 21 Maret 2023 - 18:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cek List Dulu! Sudahkah Lengkap Persiapanmu untuk Ramadan? Foto ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ramadan jadi bulan penuh berkah. Diyakini bahwa segala kebaikan serta amalan yang dilakukan umat muslim selama berpuasa akan dilipatgandakan pahalanya. Bulan dimana peristiwa Perang Badar terjadi ini tinggal selangkah lagi.

Persiapkan dirimu menuju Ramadan dengan hal-hal berikut ini:

Advertisement

1. Perlengkapan salat terbaikmu

Salat lima waktu dalam sehari memang kewajiban bagi umat muslim namun ada yang spesial di Ramadan kali ini yakni salat Tarawih yang dilakukan setahun sekali. Tak seperti salat wajib yang paling banyak salat Tarawih terdiri dari delapan atau dua puluh rakaat.

Oleh karenanya pastikan memakai mukena, sarung, dan sajadah terbaik untuk kenyamanan dan kekhusyukan ibadahmu. Kamu bisa mengenakan mukena berbahan katun atau sutra yang adem saat dipakai begitu juga dengan sarung.

Baca juga: Ratusan Pelajar di Bantul Deklarasi Bebas Geng Sekolah & Kejahatan Jalanan

2. Al-quran

Khatam membaca Al-quran adalah salah satu target lainnya bagi umat islam selama Ramadan. Bukan tanpa alasan karena keistimewaannya yang didapat pun begitu luar biasa. Seperti nikmat pada malam ke-17 Ramadan atau lebih dikenal Malam Lailatul Qadar dimana malam ini lebih baik dari 1.000 Bulan atau pahalanya sebanding dengan melakukan ibadah selama 1.000 bulan.

Satu peristiwa penting juga terjadi di malam ini yakni Nuzulul Quran sebuah peristiwa diturunkannya Al-Qur'an ke bumi melalui perantara Malaikat Jibril. Tak jarang sejumlah umat muslim memilih untuk mengaji bersama untuk khatam Al-quran sebagai alternatif untuk menyelesaikan amalan ini dalam waktu satu bulan.

3. Mandi keramas atau mandi besar

Satu rutinitas yang dilakukan tepat sehari sebelum Ramadan ialah mandi keramas atau mandi besar. Meski sifatnya tidak wajib namun tak jarang segelintir orang melakukan rutinitas ini. Tujuannya ialah untuk menyiapkan jiwa secara lahir dan batin serta menyucikan diri dari kotoran dari najis sehingga lebih siap dalam menjalani ibadah selama satu bulan penuh.

Berikut tata cara mandi wajib sebelum puasa:
- Membaca niat mandi sebelum puasa, baik di dalam hati maupun diucapkan berikut ini
Nawaitu guslal lidhukulissyiami romadhoona sunatal lillahi ta'alla
Artinya: "Aku berniat mandi sunnah memasuki bulan Ramadan karena Allah Ta’ala"
- Mencuci tangan sebanyak tiga kali untuk menghilangkan najis.
- Membersihkan bagian tubuh yang tersembunyi dengan tangan kiri, seperti bagian kemaluan.
- Mencuci kedua tangan setelah membersihkan bagian tubuh yang kotor dan tersembunyi tersebut.
- Berwudhu seperti saat hendak shalat.
- Mengguyur air ke bagian kepala sebanyak 3 kali hingga sampai kulit kepala dan pangkal rambut.
- Membersihkan pangkal rambut dengan jari-jari yang sudah basah oleh air. Menyela pangkal rambut ini wajib bagi laki-laki, tapi tidak wajib bagi wanita.
- Membersihkan seluruh anggota tubuh dengan mendahulukan yang kanan. Pastikan semua lipatan tubuh ikut dibersihkan.

4. Stok makanan untuk sahur

Hal paling terpenting ialah makanan untuk sahur, kamu bisa memasak sendiri atau langganan katering sahur yang tinggal kamu santap saat waktu sahur tiba. JIka masih bingung harus menyetok makanan untuk sahur kamu bisa menyiapkan makanan yang tinggi protein rendah lemak, agar rasa lapar tidak cepat melanda dan menjalani puasa masih penuh tenaga.

Seperti telur rebus, ikan, dan ayam yang bisa kamu olah sesuai selera namun hindari untuk sekedar menggorengnya saja. Selain itu, kandungan mineral seperti magnesium dan potasium pada buah pisang dapat menahan rasa kenyang lebih lama, cocok untuk kamu yang tak terbiasa makan pagi.

Jangan lupa lengkapi menu sahurmu dengan sayur atau kacang-kacangan untuk gizi yang seimbang. Serta penuhi asupan air tapi hindari mengonsumsi kopi dan teh saat sahur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement