Advertisement

20 Maret Hari Bahagia Internasional, Begini 7 Cara Hidup Bahagia

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 20 Maret 2023 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
20 Maret Hari Bahagia Internasional, Begini 7 Cara Hidup Bahagia Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setiap tanggal 20 Maret, dunia memperingati Hari Bahagia Internasional. 

Merasakan kebahagiaan memang menjadi tujuan hidup manusia. Bahagia juga menjadi komponen penting untuk menuju hidup yang sejahtera. 

Advertisement

Lalu bagaimana mewujudkan hidup yang bahagia? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini caranya:

1. Me Time

Sesekali waktu memberikan waktu luang untuk diri sendiri merupakan salah satu kunci hidup bahagia. Jangan hanya membiarkan terikat dengan pekerjaan tetapi kita juga perlu memanjakan diri, berefleksi diri, menjauhkan diri sejenak dari hiruk pikuk kesibukan untuk menenangkan diri. Gunakan saat me time untuk memikirkan berbagai hal yang sudah terjadi dalam hidup kita dan bagaimana kita ingin membentuk kehidupan ke depan. 

2. Beprasangka baik

Dengan berprasangka baik kita dapat menjalin hubungan baik dengan banyak orang. Tentunya jika kita dapat menjalin hubungan baik dengan banyak orang kita akan bisa mendapatkan banyak relasi, dan relasi tersebut akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.

3. Bersyukur

Menyadari dan mengungkapkan rasa syukur merupakan salah satu kunci bahagia. Masalah pasti terjadi tiap harinya, tetapi dengan mensyukuri apa yang dimiliki membuat kita sadar bahwa hidup tidak seburuk yang dibayangkan dan kita masih memiliki banyak hal yang bisa membuat diri bahagia.

4. Jangan Mengeluh

Jika merasa capek dengan pekerjaan dan rutinitas harian, ambilah waktu untuk istirahat. Jangan paksakan diri melakukan kegiatan yang membuat kita semakin capek dan stres. Hal yang harus diingat adalah jika kita mengeluh maka kita telah melakukan hal yang sia-sia. Karena keluhan itu tidak akan memperbaiki kondisi.

5. Memaafkan orang lain

Menyimpan dendam dan amarah dapat mengurangi rasa bahagia yang dimiliki. Memaafkan orang lain memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi menyimpan dendam tidak akan membuat orang yang telah menyakiti kita merasa dirugikan. Merasa marah terhadap orang lain malah hanya membuat kita menjadi tidak bahagia. Cobalah untuk memaafkan orang lain dengan berempati terhadap kesalahan yang telah ia buat dan berkomitmen untuk memaafkan orang tersebut secara perlahan. 

6. Menerapkan pola hidup sehat

Salah satu kunci hidup bahagia adalah menerapkan pola hidup sehat. Tubuh dan mental tidak bekerja secara terpisah melainkan saling berkaitan antar satu sama lainnya. Fisik yang kurang prima dapat mempengaruhi suasana hati kita. Karenanya konsumsilah makanan yang bergizi dan bernutrisi, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur.

7. Bersedekah

Bersedekah bisa mengajarkan bagaimana cara untuk bersyukur. Dengan bersedekah kita mengetahui bahwa masih banyak orang yang tidak lebih beruntung daripada diri kita. Hal terpenting yang harus dilakukan ketika ingin bersedekah adalah kamu harus memastikan bahwa harta yang kamu miliki sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai kita rutin bersedekah tapi kita melupakan diri kita sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Tangki BBM Pertamina Terbakar di Tol Ngawi-Kertosono

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement