Advertisement

Cotton Candy Karya Seniman Indonesia Bikin Publik AS Kagum

Newswire
Minggu, 19 Maret 2023 - 07:47 WIB
Sunartono
Cotton Candy Karya Seniman Indonesia Bikin Publik AS Kagum Pementasan Cotton Candy di Amerika Serikat. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pementasan teater monolog Cotton Candy diselenggarakan Regina Art dengan menampilkan seniman Joane Win mengharumkan nama Indonesia di Chicago, Amerika Serikat. Penampilan itu membuat public Amerika Serikat Kagum.

“Pementasan teater ini dapat menjadi sarana diplomasi yang baik dalam mengangkat nama Indonesia ke dunia internasional,” kata Konsul Jenderal Republik Indonesia di Chicago Meri Binsar Simorangkir di Jakarta, Sabtu (19/3/2023).

Advertisement

Pementasan dilakukan di Indonesian Cultural Center Chicago, Amerika Serikat, Selasa (14/3/2023). Dengan pendalaman karakter yang baik, Joane Win membawakan karakter tokoh Lisa sebagai penyintas kekerasan seksual secara mendalam, Joane mampu membuat beberapa penonton menangis terharu saat menonton pertunjukan tersebut.

BACA JUGA : Jubah Macan Sukses Tampilkan Teater tentang Kesetiaan

Mahasiswa Northwestern Pritzker School of Law, Chicago, Jaclyn, mengaku bangga bisa melihat seniman Indonesia di Chicago. Menurutnya tema kekerasan seksual pada perempuan sangat tepat sekali karena pada bulan Maret diperingati Hari Perempuan Internasional. Pementasan ini sangat menarik untuk melihat perspektif dari sisi korban.

“Saya juga merasa pesannya sangat kuat dan berkaitan dengan pendidikan saya tentang bagaimana sistem keadilan bagi korban kekerasan seksual,” katanya.

Jurnalis New York Times dan Penulis Buku Bestseller Ted C. Fishman, mengatakan tema monolog Cotton Candy relevan dengan perjuangan para penyintas kekerasan seksual.

Michelle Tedja seorang mahasiswi dari University of Illinois Chicago yang juga menjabat sebagai Vice President for Permias Chicago menyatakan sangat suka dengan akting dan peran yang dibawakan Joane Win. Pesan dan pelajaran yang disampaikan di monolog Cotton Candy sangat kuat dan ekpresif.

BACA JUGA : Kritik Kekerasan Seksual Lewat Seni Pertunjukan Teater

“Di Indonesia sering dengar banyak cerita tentang peristiwa kerusuhan saat itu, saya takut, dan mungkin tadi saat menonton saya jadi teringat lagi cerita-cerita itu jadi saya sempat menangis dan pergi keluar untuk menenangkan diri. Dan saya sangat suka dengan akting Joane Win,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PDIP Gabung Pemerintah atau Oposisi Akan Ditentukan di Rakernas

News
| Selasa, 23 April 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement